Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Akademisi ITB Juarai Kompetisi Klasifikasi Tumbuhan LIPI
Akademisi ITB Juarai Kompetisi Klasifikasi Tumbuhan LIPI
Akademisi ITB Juarai Kompetisi Klasifikasi Tumbuhan LIPI

Akademisi ITB Juarai Kompetisi Klasifikasi Tumbuhan LIPI

Edupost.id – Mahasiswa ITB kembali berprestasi dengan meraih dua gelar juara dalam Lomba Identifikasi Flora Tingkat Nasional yang diadakan LIPI Cibinong. Mereka adalah Reza Raihan (Rekayasa Kehutanan 2012) dan Arief Hamidi (Biologi 2005) yang telah mendapatkan Juara Harapan II dan Juara II secara berturut-turut.

Keduanya bersaing dengan sekitar 80 orang, mulai dari siswa SMA/sederajat, guru SMK Kehutanan, mahasiswa S1 atau S2 dari berbagai universitas di Indonesia beserta lulusannya. Selain itu, peserta juga berasal dari berbagai kalangan institusi seperti Balai Taman Nasional, Badan Litbang Kehutanan, Balitek KSDA, SEAMEO Biotrop, kebun raya, fauna & flora internasional.

Kegiatan yang merupakan bagian dari EKPOSE ini mewadahi orang-orang yang menggeluti dan hobi bidang tumbuhan, terutama taksonomi tumbuhan. Lomba identifikasi flora juga dijadikan suatu cara untuk mencari bibit-bibit baru calon taksonom muda yang akan berkiprah di dunia tumbuhan dalam waktu mendatang.

Dari 80-an peserta, disaring 30 orang untuk bertarung di semifinal. Selanjutnya, 10 peserta yang lolos, dapat memasuki babak final. Pada babak penyisihan, peserta dibagi ke dalam 10 grup, 1 grup terdiri dari 7-8 orang dan diharuskan menjawab soal yang disediakan panitia. Adapun 10 soal tersebut berupa sampel herbarium yang perlu ditentukan family, genus, dan spesiesnya.

Tiga besar yang lolos penyisihan kemudian dinyatakan sebagai semifinalis. Tigapuluh orang semifinalis dibagi ke dalam 5 grup untuk diseleksi dengan kesulitan yang meningkat. Sepuluh finalis diambil dari 2 besar tiap kelompok. (ITB/ IK-SS)

Check Also

Tim ITB Borong Gelar Juara dalam Kompetisi Geosphere 2017

Tim ITB Borong Gelar Juara dalam Kompetisi Geosphere 2017

Edupost.id – Tiga tim yang terdiri dari mahasiswa Teknik Geofisika ITB memborong predikat juara dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *