Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Aksi Geplak Ubi, Mahasiswa UGM Bagikan Gratis 650 Gethuk

Aksi Geplak Ubi, Mahasiswa UGM Bagikan Gratis 650 Gethuk

Edupost.Id, Yogyakarta – Ratusan mahasiswa Fakultas Pertanian UGM menggelar aksi Gerakan Pangan Lokal Untuk Bantu Petani (Geplak Ubi) 2015 di bundaran kampus UGM. Dalam aksinya, para mahasiswa menyuarakan harapan agar masyarakat kembali gemar mengkonsumsi makanan lokal hasil pertanian para petani lokal.

Selain menggelar aksi, dengan mengenakan caping dan almamater universitas, para mahasiswa lintas angkatan dari Fakultas Pertanian UGM juga membagikan 650 bungkus makanan lokal seperti gethuk, growol dan geplak pada para pengguna jalan yang melintas.

Bismo, perwakilan mahasiswa kepada Edupost.ID mengatakan aksi tersebut sengaja dilakukan untuk mensosialisasikan pangan lokal pada masyarakat. Menurut dia, saat ini stok beras di Indonesia masih kurang dibanding kebutuhan beras masyarakat. “Ketersediasan beras 270 juta ton per tahun, sedangkan kebutuhan beras 350 juta ton per tahun,” ujarnya.

Untuk mencukupi stok pangan nasional, menurutnya masyarakat harus kembali mengonsumsi makanan lokal seperti ubi dan jagung. “Kalau makan 3 kali, pagi sarapan dengan ubi, siang makan nasi, dan malamnya makan jagung,” katanya.

Biosmo menambahkan hasil petani lokal Indonesia sangatlah beragam dan potensial. “Sebut saja pisang, singkong dan ubi yang produksinya sangat cukup, maka tinggal tugas kita menggerakkan sektor agribisnis untuk memproduksi dan distribusi lalu masyarakat harus mau mengkonsumsi, tentunya agar produk lokal kita bisa maju,” ungkapnya lagi. Produksi makanan lokal sebenarnya tergolong tinggi, khususnya di Sleman dan Bantul. Hanya saja, menurutnya, selama ini hasil pertanmian seperti ubi dan jagung banyak masuk ke sektor industri menjadi makanan ringan. Mereka berharap, kaedepan makanan ringan tidak hanya menjadi makanan ringan, tetapi juga menjadi makanan pokok. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *