Jumat , 24 November 2017
Home / Kabar Kampus / Alumni ITS Kelola Kardus Jadi Kursi Dus Duk Duk
Alumni ITS Kelola Kardus Jadi Kursi Dus Duk Duk (foto: ziliun.com)

Alumni ITS Kelola Kardus Jadi Kursi Dus Duk Duk

Edupost.id- Salah satu alumni Departemen Desain Produk Industri Despro ITS, Angger Diri Wiranata dan kawan-kawan, mengelola kardus bekas menjadi sesuatu yang lebih berkelas. Kardus yang selama ini dianggap sampah oleh kebanyakan orang, kini dijadikan kursi yang sekaligus menginspirasi nama usaha para alumni ITS ini.
“Kardus untuk duduk, disingkat Dus Duk Duk. Sesederhana itu, namun kita poles dengan branding yang kuat,” papar Angger.

Menurut Angger, saat ini pandangan masyarakat terhadap kardus semakin buruk. Jenis barang seperti furnitur ini bisa tahan satu hingga dua tahun, selain memang terdapat teknik khusus dalam pembuatannya.

Tak sampai disitu, pesanan demi pesanan mulai mengalir. Di antaranya, pesanan untuk 2000 unit packaging dari bahan kertas kardus, furnitur berupa rak, meja belajar anak, serta furnitur untuk dekorasi butik dan hotel.

Tak mau berhenti berkreasi, desain kursi Dus Duk Duk terus menerus diperbaharui setiap waktu. “Produk terbaru kami bahkan mampu menahan beban hingga 180 kg,” tegas Angger.

Menurutnya, jenis barang seperti furnitur ini bisa tahan satu hingga dua tahun. Selain memang terdapat teknik khusus dalam pembuatannya, timnya juga telah menyiapkan suatu cairan yang bisa membuat kertas kardus kedap air dan terlihat lebih kuat dan kaku.

Angger berharap, Dus Duk Duk mampu mengedukasi masyarakat bahwa kardus bisa dijadikan bahan alternaif untuk membangun kursi dan furnitur interior lainnya. “Kami ingin ngasih tau kepada masyarakat kalau sekarang kardus sudah naik kelas,” tutur Angger. (Inan)

Check Also

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Edupost.id – Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi banyak siswa. Namun, kini telah hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *