Kamis , 23 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Alumni UGM Manfaatkan Teknologi Digital Lebih Produktif
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Alumni UGM Manfaatkan Teknologi Digital Lebih Produktif

Edupost.ID – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan, para alumni UGM diharapkan dapat memanfaatkan seluruh informasi yang bersumber di media sosial secara lebih arif dan bijak.

Dengan pengetahuan dan intelektual yang dimiliki, para alumni dapat memanfaatkan teknologi digital sekarang ini untuk kegiatan yang lebih produktif.

Hal itu dikatakan rektor di saat acara wisuda di Grha Sabha Pramana, Kamis (16/2). Pada wisuda kali ini, UGM mewisuda sebanyak 1.791 orang mahasiswa yang terdiri dari 1.570 sarjana dan 221 lulusan diploma. Sebanyak 20 persen lulusan adalah mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi.

Rektor juga mengajak seluruh alumni untuk bersama-sama membangun masyarakat pedesaan lewat teknologi digital. UGM, kata Rektor, saat ini tengah mengembangkan teknologi big data and artificial intelligence untuk pengembangan program desa pintar dan tangguh. Bekerja sama dengan University of Massachusetts, program ini nantinya bertujuan untuk membuat masyarakat desa menjadi lebih sejahtera.

“Karena lewat teknologi digital kita bisa melakukan pendampingan pada petani untuk membuka kesempatan akses langsung ke pasar dan mengetahui fluktuasi harga komoditas,” ujar rektor.

Disamping itu, aplikasi teknologi digital yang dikembangkan tersebut, menurut Rektor, memungkinkan masyarakat desa mendeteksi penyakit yang dideritanya lewat layar ponsel. Aplikasi ini nantinya memungkinkan memprediksi penyakit dan melakukan mitigasi pencegahan penyakit.

“Bisa memprediksi penyakit dan melakukan mitigasi pencegahan agar masyarakat desa tidak banyak berobat ke rumah sakit, apalagi kita tahu di desa itu akses ke rumah sakit cukup jauh,” katanya. (Andi)

Check Also

Tim UGM juara kompetisi kesehatan nasional

Tim UGM Borong Juara di Kompetisi Kesehatan Nasional

Edupost.id – Delegasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memborong juara dalam kompetisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *