Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Angkat Reklamasi Pantai, ITB Menangkan LKTI Nasional

Angkat Reklamasi Pantai, ITB Menangkan LKTI Nasional

BANDUNG – Tim Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih juara satu dan harapan satu di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional antar mahasiswa. Kompetisi yang diadakan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS), Universitas Hasanuddin, (26-29/10) tersebut mengangkat tema “Pengembangan Reklamasi Pantai yang Efektif,Inovatif, dan Ramah Lingkungan”.

Tim ITB yang bernama tim Kuya Navinata beranggotakan Denissa Sari Darmawi Purba (Teknik Sipil 2012), Mario Hartono (Teknik Sipil 2012) dan Tharina Nursalika Adhyati (Teknik Sipil 2012). Mereka mengangkat karya berjudul “Proses Reklamasi Pantai Pulau Lotus yang Sustainable dengan Pemanfaatan Material Timbunan Lumpur Lapindo”.

Sedangkan tim Ganesha Bahari yang beranggotakan Muh. Abdhy Gazali HS (Teknik Sipil 2012), Munawir Bintang (Teknik Kelautan 2012) dan Ahmad Zulfadilah (Teknik Kelautan 2012) menyampaikan karya berjudul “Smart Design Waterfront City  pada Pembangunan Center Point of Indonesia di Makassar”.

Karya tim Kuya Navinata memaparkan tentang reklamasi pantai yang efektif, inovatif, ramah lingkungan serta dapat diimplementasikan di Indonesia. Pulau reklamasi pantai yang bernama Lotus Island itu akan dibangun di daerah Pantai Kenjeran, Surabaya. Pulau reklamasi ini dibagi manjadi 4 zona, yaitu Zona Parawisata, Zona Residensial, Zona Pelabuhan dan Zona Kampung Nelayan.

Zona Parawisata menjadi Main Attraction agar masyarakat Indonesia maupun luar negeri berkunjung ke Lotus Island untuk menikmati pariwisata seperti tempat wisata maupun taman hiburan sehingga dapat memajukan perekonomian dan pariwisata Indonesia. Sedangkan, Zona Residensial merupakan zona pemukiman penduduk yang menjawab tujuan utama dari reklamasi pantai yang dapat menyediakan lahan lebih untuk kebutuhan masyarat untuk tinggal. (ITB/IK-SS)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *