Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Antisipasi Kerusakan Lingkungan, Hima Kimia UNY Gelar Seminar Nasional
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Antisipasi Kerusakan Lingkungan, Hima Kimia UNY Gelar Seminar Nasional

Edupost.id, Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaki) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) mencoba mengantisipasi kerusakan lingkungan dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar tidak abai terhadap kesehatan lingkungan di tengah pesatnya perkembangan industri. Untuk itu, Himaki UNY akan menggelar Seminar Nasional  Kimia 2016 pada Sabtu (7/5) bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Seminar Kimia Himaki UNY, Shobirin. “Indonesia memasuki MEA, bakal banyak industri yang berdiri. Ini arahnya ke pencemaran lingkungan. Untuk itu, Himaki mengusulkan untuk mengadakan seminar nasional bertema lingkungan,” ujar Shobirin kepada Edupost.id.

Seminar Nasional yang bertemakan “Optimalisasi Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia dalam Mewujudkan Indonesia Ramah Lingkungan” ini akan menghadirkan tiga pembicara utama yang berkompeten dalam isu lingkungan. Pembicara pertama yang diundang adalah San Afri Awang (Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), yang akan mengupas kebijakan pemerintah terkait penyelamatan lingkungan hidup.

Sebagai pembicara kedua adalah Eko Sugiharto (Tim Ahli Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM) yang akan membahas tentang limbah dan Amdal. Sudjoko (Tim Adiwiyata UNY dan Anggota Forum Eko Efisiensi Provinsi DIY) akan menjadi pembicara ketiga yang akan berbicara mengenai penyelamatan lingkungan melalui jalur pendidikan, seperti adiwiyata.

Shobirin berharap, dengan mengikuti seminar ini, para peserta, khususnya mahasiswa akan menjadi generasi pionir penyelamatan lingkungan. “Saya akan bisa memenej pencemaran lingkungan. Dari sisi pendidikan, akan lebih bisa mengelola laboratorium agar limbahnya tidak menjadi bahan berbahaya,” harap Shobirin.

Panitia menargetkan akan ada 300 orang yang akan menghadiri seminar ini. Biaya pendaftaran seminar ini dipatok sebesar Rp. 70.000 untuk 100 pendaftar pertama dan Rp. 80.000 untuk pendaftar selanjutnya. Fasilitas yang akan diperoleh oleh peserta seminar adalah seminar kit, coffee break, lunch, dan sertifikat peserta. (Andi)

 

 

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *