Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Aplikasi Ciptaan Mahasiswa UI Ini Mudahkan Kita Berdonasi dengan Pulsa

Aplikasi Ciptaan Mahasiswa UI Ini Mudahkan Kita Berdonasi dengan Pulsa

DEPOK – Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android yang diberi nama Pushla. Temuannya ini merupakan aplikasi inovatif pertama di Indonesia yang memungkinkan pengguna mobile phone memberikan donasi melalui pulsa.

Tim mahasiswa tersebut yakni Rafi Putra Arriyan (Ari), Ginanjar Ibnu Solikhin, Luqman Sungkar, Laila Mauhibah, dan Katri Adiningtyas. Pembuatan Pushla berawal dari keprihatinan Ari saat magang di suatu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang sering menjadi tempat penampung donasi bagi gerakan-gerakan sosial mahasiswa.

Menurut pengamatan Ari, permasalahan yang dihadapi para donator adalah terkait akses dan jumlah minimal donasi. Ia menyebutkan, banyak donatur yang tidak tahu ke mana harus menyumbangkan uangnya dan enggan menggunakan sistem Automatic Teller Machine (ATM) atau sistem registrasi di situs web untuk memberikan donasi.

Selain itu, lanjut Ari, jumlah minimal sumbangan yang diminta dalam kegiatan donasi biasanya terlalu besar. “Sudah sistem menyumbangnya cukup ribet, jumlah minimal donasi pun besar. Makanya, akhirnya banyak target donasi kegiatan-kegiatan sosial yang tidak tercapai,” ucap Ari.

Hal ini yang mendorong Ari dan timnya menciptakan Pushla, aplikasi yang memudahkan para donatur memberikan sumbangan. Pushla dapat diunduh di Google Play sejak April 2015.

Pushla menawarkan kemudahan berdonasi melalui pulsa mobile phone. Di layar utamanya, pengguna dapat langsung melihat proyek sosial yang sedang membutuhkan bantuan donasi lengkap dengan keterangan jumlah dana yang sudah terkumpul, target donasi, dan keterangan sisa hari dari waktu pengumpulan donasi.

Pengguna cukup membuka program sosial yang diinginkan dari layar utama Pushla lalu menekan ikon donasi yang tersedia. Pilihan nominal sumbangan pun sangat terjangkau, mulai dari Rp2.000,00, pengguna sudah bisa memberikan donasi yang akan langsung dipotong dari pulsa pengguna secara real time. (UI/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *