Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Aplikasi ITS Ini Bantu Masyarakat Laporkan Permasalahan Kota

Aplikasi ITS Ini Bantu Masyarakat Laporkan Permasalahan Kota

Edupost.id, Bandung –Mahasiswa ITB, Tito Febrian Nugraha bersama tiga kawannya menciptakan aplikasi City113. Aplikasi yang sebelumnya bernama Surabaya113 ini menghubungkan langsung aspirasi dari masyarakat dengan pemerintah kota. Inovasi ini telah beberapa kali menyabet juara, City113 kini beranjak ke tahap rilis aplikasi.

Selama ini keluhan-keluhan kecil skala kota masih belum tersampaikan dengan baik. Berangkat dari permasalahan tersebut, City113 hadirkan solusi yang mudah dan cepat. Melalui aplikasi ini, keluhan yang masuk akan langsung diterima dan ditanggapi pemerintah.

Tito menambahkan, sistem kerja aplikasi ini sangat mudah. Masyarakat tinggal mengirim foto keluhan dan mengunggahnya ke aplikasi untuk segera disampaikan ke pemerintah kota. Pengguna juga dapat melihat timeline keluhan dan mengedit profil.

Uniknya dari City113, setiap akhir bulan walikota dapat mengecek kinerja dinas yang mendapat pelaporan. Sehingga tampak jumlah keluhan yang masuk, jumlah keluhan yang ditanggapi atau diselesaikan, dan mana dinas yang keluhannya paling banyak menumpuk.

Selain itu, aplikasi yang sudah lolos tahap alpha-testing ini memberikan fasilitas untuk melihat seberapa jauh tanggapan yang diberikan pemerintah. Mulai dari respon awal, proses pengerjaan hingga keluhan tersebut tuntas digarap.

Berbeda dari aplikasi serupa yang telah ada, City113 menjamin tidak adanya pelaporan palsu melalui konsep crowdsourcing. Konsep ini membantu pemerintah untuk meminimalisasi laporan palsu yang kerap meresahkan. Masyarakat dapat menilai langsung kebenaran laporan yang masuk ke aplikasi.

Aplikasi yang dirintis sejak Januari 2015 itu dilengkapi menu crawling dari twitter sehingga laporan yang masuk melalui akun e100ss (Suara Surabaya) juga dapat dilihat melalui City113. Saat ini, City113 versi alpha-testing sudah dapat diunduh melalui Playstore. Namun, masih sebatas pelaporan langsung dan belum terhubung dengan pemerintah. Rencananya City113 versi resmi yang telah lolos beta-testing akan rilis November 2016 mendatang.

Tito mengaku pengembangan aplikasi ini cukup banyak. Tidak menutup kemungkinan juga untuk pengembangan ke berbagai sistem operasi (OS) lainnya. (ITB/ IK-SS)

Check Also

Program luar angkasa Rusia dan NASA

Rusia dan NASA Laksanakan Misi ke Venus

Edupost.ID- Program luar angkasa Rusia dan NASA bekerja sama dalam misi ke Venus untuk mencoba …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *