Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Aplikasi Plaganesia Temuan UI Juarai Gemastik 2017
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)

Aplikasi Plaganesia Temuan UI Juarai Gemastik 2017

Edupost.id – Mahasiswa UI yang tergabung dalam tim Sunstar.Gov turut menyumbang emas bagi kemenangan UI sebagai juara umum pada ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) X/2017. Mereka membuat inovasi aplikasi berbasis web yang bertajuk “Plaganesia”.

Tim tersebut terdiri dari Hafizh Rafizal Adnan, Lintang Matahari Hasani, dan Sandya Sekar Mukti. Mereka berhasil keluar sebagai juara 1 pada kategori e-Government.

“Pada dasarnya, ini adalah sebuah aplikasi yang berusaha membantu pemerintah dan masyarakat untuk mengetahui sebaran penyakit menular di Indonesia melalui sistem Survailans Epidemiologi,” jelas Hafizh sebagai ketua tim.

Data penyebaran penyakit menular ini ditampilkan dalam bentuk visual, berupa peta Indonesia dengan sebaran warna yang mengindikasikan tingkat bahaya yang berbeda-beda.

“Dalam peta tersebut, kami menampilkan warna merah untuk daerah rawan, kuning untuk daerah dengan tingkat kehati-hatian, dan hijau untuk daerah aman. Selain itu, kami juga menampilkan data tersebut dalam bentuk statistik,” ungkap Hafizh.

Menurut Hafizh, Semua data yang ditampilkan dalam laman aplikasi Plaganesia diambil dari data-data lembaga kesehatan resmi pemerintah baik pusat maupun daerah, seperti Kementerian Kesehatan ataupun Dinas Kesehatan daerah.  (UI/IK-SS)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

Kini UI Punya Lembaga “Halal Center”

Edupost.id – Salah satu kebutuhan mendasar masyarakat muslim yang perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah adalah jaminan barang/jasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *