Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Bahas Anti-Bullying, Mahasiswa Unpad Jadi Delegasi di Konferensi Malaysia

Bahas Anti-Bullying, Mahasiswa Unpad Jadi Delegasi di Konferensi Malaysia

BANDUNG –  Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad), Nunuy Nuraeni terpilih menjadi salah satu peserta pada International Conference on Education and Social Sciences di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara ini digelar oleh The Institute of Research Engineers and Scientists di Kuala Lumpur, Malaysia pada 16 Juli 2015 lalu.

Di ajang itu, Nunuy mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Application of Integrated Education as an Anti-bullying Approach to Reduce the Number of School Bullying: A Literature Study”. Ia menjadi satu-satunya peserta asal Indonesia dari 35 peserta dari berbagai negara.

“Saya membuat paper tentang aplikasi pendidikan yang terintegrasi untuk menghindari bully. Karena di tingkat anak sekolah banyak sekali aktivitas bully, dan tidak semua orang tahu bully. Bahkan secara tidak sadar gurunya pun bisa melakukan bully,” papar Nunuy.

Untuk menghindari tindak bully, lanjutnya, perlu adanya integrasi pendidikan antara di rumah (orang tua/keluarga), sekolah (guru), dan komunitas (teman pergaulan). Menurutnya, saat ini pendidikan mengenai hal tersebut masih dilakukan secara terpisah (belum terintegrasi).

“Antara orang tua, guru, dan komunitas itu harus bergabung. Soalnya untuk menghindar sifat ini kan tidak bisa dari orang tua dijaga tapi di sekolahnya enggak,” ujarnya.

Nunuy menjelaskan, perlu adanya peran dari pemerintah, mulai dari pemerintah pusat hingga daerah. Dengan demikian, ia mengharapkan hasil penelitiannya ini dapat berkontribusi bagi pengembangan kebijakan pemerintah kedepannya.

“Kebetulan saya dari Kedokteran. Sebenarnya ini unik juga sih ngebahas tentang ilmu sosial gitu. Tapi karena saya memang tertarik tentang pendidikan. Dan di sini ada hubungannya tentang psikologi anak tuh seperti apa,” terang Nunuy. (Unpad/IK-SS)

Check Also

Resep Burger Mi Instan

Resep Unik, Burger Mi Instan

Edupost.ID- Jika bosan menghidangkan mi instan dalam bentuk yang biasa, coba untuk kreasikan mi instasn …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *