Rabu , 25 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Bahasa Inggris Jadi Asyik Dipelajari dengan Jam Weker Mahasiswa UNY

Bahasa Inggris Jadi Asyik Dipelajari dengan Jam Weker Mahasiswa UNY

YOGYAKARTA – Tim mahasiswa UNY menciptakan inovasi yang diberi nama Smart Clock Vocabulary. Produk kreatif ini merupakan sebuah jam alarm atau jam weker yang memiliki dering kosakata bahasa Inggris.

Tim mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsacipta (PKM-KC) ini terdiri dari Mega Ayu Wulandari, Aji Budi Rinekso, Budi Ayu Noviasari (Pend. Bahasa Inggris 2013), Septi Rohni Undari (Bimbingan Konseling 2012), dan Setia Budi Nugroho (Pend. Teknik Elektro 2012).

Ketua tim PKM, Mega Ayu Wulandari menyampaikan bahwa jam tersebut memang ditujukan untuk anak-anak sehingga bentuknya dikemas secara menarik. Konsep alat ini adalah rangkaian elektronika yang dimasukkan ke dalam boneka kain yang merupakan pembungkus akhir dari semua komponen.

“Karena penguasaan vocabulary itu penting dalam bahasa Inggris, saya ingin anak-anak sekarang bisa belajar lewat media yang menarik, jadi kami kemas dalam bentuk boneka,” ungkap Mega.

Terkait proses perakitan Smart Clock Vocabulary, Setia Budi Nugroho menyampaikan bahwa tahap pertama diawali dengan perencanaan sistem kerja, lalu perancangan prototype. Khusus untuk perancangannya sendiri meliputi perancangan software dan hardware. Setelah rangkaian jadi, dilanjutkan dengan proses rekaman kosa kata oleh penutur asli bahasa Inggris, tahap pemrograman, dan tahap terakhir ialah uji kelayakan media.

Cara kerja alat ini ialah dengan mengatur waktu alarm, kemudian memilih kategori kosakata yang diinginkan. Setelah itu, alarm Smart Clock Vocabulary akan berbunyi dengan mengeluarkan 5 kosakata Bahasa Inggris. Kosakata tersebut bisa diatur untuk beberapa kali pengulangan.

Proposal berjudul “Efektivitas Smart Clock Vocabulary dalam Pengembangan Kosa Kata Bahasa Inggris dan Penanaman Karakter Disiplin pada Anak Usia Dini” itu berhasil menjadi salah satu PKM lolos Dikti sekaligus meraih dana hibah bersaing Dikti 2015. (UNY/IK-SS)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *