Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Balairung UGM Kupas Tuntas “Pers yang Sehat”

Balairung UGM Kupas Tuntas “Pers yang Sehat”

Edupost.ID, Yogyakarta – BPPM Balairung UGM mengadakan Seminar Nasional bertajuk “Redefinisi Pers Menuju Masyarakat Melek Media”, (31/10) di GHRA Sabha Pramana UGM. Sebanyak kurang lebih 400 peserta hadir dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, pakar komunikasi, praktisi, dan pegiat media. Seminar ini mengupas tentang bagaimana pers yang sehat.

“Supaya masyarakat tahu benar pers yang baik itu seperti apa,” ujar Lintang, Koordinator Acara yang menjelaskan harapan diadakannya acara ini.

Lintang menjelaskan, pers zaman dulu cenderung top-down, sangat dikekang. Berbeda dari sekarang yang bebas. Bahkan dengan kemajuan teknologi, semua orang bisa membuat media massa. Namun etika tidak diperhatikan, sehingga yang terjadi kebebasan berlebihan. Menurutnya, media massa sekarang cenderung dikuasai media massa elektronik dan dikuasai segelintir orang, sehingga opini publik juga disetir sedikit orang itu.

Dewan Pers, Imam Wahyudi selaku pembicara seminar, membenarkan hal itu. Namun, mahasiswa bisa mengalahkan hal itu dengan strategi ‘semut mengepung gajah’. Imam Wahyudi memotivasi mahasiswa agar membuat pers mahasiswa seluruh Indonesia.

Oligarki media, lanjutnya, bisa dihadapi jika kekuatan kecil yang banyak (pers mahasiswa) berkumpul jadi satu. Mahasiswa cenderung idealis, tidak terpengaruh dengan modal. Serta internet merupakan media yang potensial saat ini. Maka perlu dibuat sebuat portal yang diprakarsai mahasiswa dan digarap serius oleh kumpulan pers mahasiswa.

Imam Wahyudi (Dewan Pers) menjelaskan tentang Eksploitasi Subjek melalui Pemberitaan Berlebihan. Pembicara lainnya yaitu Abdul Hamid Dipopramono (Ketua Komisi Informasi Pusat) yang membawakan materi Akses Informasi Publik dalam Pemberitaan Isu. Sedangkan, Prinsip Verifikasi dan Daur Ulang Konten Jurnalisme Online dijelaskan oleh Amir Effendi Siregar (Ketua Pengawas Regulasi dan Regulator Media). Acara ini juga merupakan rangkaian dari ulang tahun Balairung yang ke-30.  (Nurfi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *