Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Bangun Peradaban Islam, UII gelar Seminar

Bangun Peradaban Islam, UII gelar Seminar

Edupost.Id, Sleman – Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Di dunia internasional, Indonesia sering kali menjadi sorotan tajam. NU dan Muhammadiyah adalah dua ormas Islam terbesar di Indonesia yang memiliki kesamaan cita – cita dalam membangun peradaban Indonesia yang rahmatan lil alamin.

Berangkat dari kenyataan itu, Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) hari Sabtu kemarin (6/2) mengggelar acara seminar nasional. Acara yang mengusung tema ini bertempat di Auditorium Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman.

“Keduanya mampu bersinergi untuk memicu kesadaran demi pentingnya persatuan umat. Terlebih Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia menjadikan sorotan dunja internasional,” ungkap ketua panitia seminar, Drs. H. AF. Djuanidi,M.Ag.

Dalam seminar ini, panitia mengundang dua tokoh besar untuk menjadi pembicara. Sebagai perwakilan NU, hadir KH. Musthofa Bisri (GusMus), Syuriah NU 2014 – 2015. Sementara Muhammadiyah diwakili oleh Prof. Dr. H. Syafiq A Mughni, ketua PP Muhammadiyah.

Ditambahkan Djunaini, pencitraan islam yang ramah dan padu di atas perbedaan islam Indonesia akan menjadi image positif. Oleh karenanya, kepaduan di antara NU dan Muhammadiyah menjadi sangat bermakna.

Seminar nasional peradaban islam ini tidak kurang dihadiri oleh 800 peserta. Mereka datang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain mahasiswa dan dosen, mereka juga berlatar belakang pengurus NU maupun Muhammadiyah, serta masyarakat umum.

Seminar ini mencoba mengajak masyarakat untuk turut serta membangun peradaban islam rahmatan lil alamin. Selain itu juga untuk membangun kerukunan umat islam di Indonesia. (Andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *