Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Bantu Nelayan, Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Dokter Ikan
Bantu Nelayan, Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Dokter Ikan
Bantu Nelayan, Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Dokter Ikan (UGM dok.)

Bantu Nelayan, Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Dokter Ikan

Edupost.id – Banyak nelayan tradisional belum memiliki pengetahuan tentang penyakit-penyakit ikan dan cara menanganinya. Hal ini mendorong mahasiswa UGM yang tengah menjalankan program KKN di Kabupaten Natuna menciptakan aplikasi berbasis android yang diberi nama Dokter Ikan.

Aplikasi tersebut dikembangkan Joshua Alif Wendy dari Fakultas Kedokteran Hewan serta Mohammad Afrizal dari Program Studi Elektronika dan Instrumentasi.

Permasalahan yang dialami oleh para pembudidaya perairan laut maupun tawar dan nelayan tangkap, menurut Ghilman, adalah penyakit ikan. Penyakit ikan memiliki tingkat persebaran dan angka kematian yang tinggi dalam populasi ikan serta biasanya juga sangat sulit disembuhkan dan ditangani oleh para pembudidaya.

Pengobatan yang dilakukan oleh para pembudidaya dan nelayan tradisional biasanya hanya menggunakan obat herbal sederhana yang dikeringkan dan ditumbuk hingga berupa bubuk untuk kemudian dioleskan ke ikan yang sakit. Namun, penyakit-penyakit pada ikan yang bervariasi tidak bisa diobati hanya dengan pengobatan herbal saja.

“Pengobatan herbal ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan biasanya bergantung dari tingkat keparahan penyakit. Tidak menutup kemungkinan terjadi kematian saat proses pengobatan karena penyakitnya sudah sangat parah,” ujarnya.

Ghilman menuturkan, kelebihan dari aplikasi ini adalah mencantumkan gambar jenis-jenis penyakit ikan serta memiliki tabulasi tentang cara pencegahan, penanganan dan pengobatan. Aplikasi ini juga memiliki User Interface (UI) yang mudah digunakan para pengguna utamanya, yaitu nelayan dan pembudidaya. Bahasa-bahasa yang digunakan juga mudah dipahami oleh masyarakat umum sehingga aplikasi ini sekaligus bersifat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan ikan. (UGM/ IK-SS)

Check Also

Mahasiswa UGM Dinobatkan Jadi Duta Wisata Nasional

Mahasiswa UGM Dinobatkan Jadi Duta Wisata Nasional

Edupost.id – Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UGM, Indira Wibowo dinobatkan sebagai Duta Wisata Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *