Kamis , 24 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Bantu Pertanian, Mahasiswa UI Ciptakan Stasiun Cuaca Mini

Bantu Pertanian, Mahasiswa UI Ciptakan Stasiun Cuaca Mini

DEPOK – Tim mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakan stasiun cuaca mini berbasis piranti cerdas dan Internet of Things. Penemuan tim UI ini dipamerkan dalam Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-8 yang digelar pada 26-29 Oktober lalu di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Tim UI itu terdiri dari Adika Bintang Sulaeman (Teknik Komputer 2012), Jendra Riyan Dwiputra (Teknik Elektro 2012), dan I Made Sanadhi Sutandi (Teknik Komputer 2012).

Di bawah bimbingan F. Astha Ekadiyanto (dosen Teknik Komputer FTUI), tim mahasiswa UI itu menjadi delegasi UI dan maju ke babak 10 besar (final) pada kategori piranti cerdas dan embedded system. Perwakilan tim, Sanadhi, mengatakan bahwa permasalahan tani di Indonesia menjadi salah satu motivasi untuk mengembangkan sistem stasiun cuaca mini tersebut.

Menurut Sanadhi fenomena El Nino dan dampaknya terhadap pergeseran iklim di Indonesia menyebabkan cuaca kering yang ganjil. Hal ini memberikan dampak negatif terhadap komoditi dan agrikultur. Berangkat dari hal tersebut, Adika, Jendra, dan Sanadhi mengangkat judul besar “Sistem Cerdas Pendeteksi dan Pemantau Cuaca Menggunakan Algoritma Batch Backpropagation untuk Membantu Usaha Tani Masyarakat Indonesia” untuk sistem yang mereka ajukan pada ajang Gemastik ke-8 ini.

Sistem alat tersebut menggunakan prinsip pembelajaran jaringan saraf tiruan (JST) untuk dapat membedakan cuaca berdasarkan parameter-parameter pertanian yang ada seperti suhu, kelembapan udara, kecepatan angin, intensitas cahaya, curah hujan, dan tekanan udara. Selain cerdas secara fungsional, stasiun cuaca yang mereka kembangkan ini memiliki mekanisme suplai daya mandiri (cerdas operasional) dengan mengandalkan tenaga surya (solar panel).

Gemastik 2015 merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Tema yang diusung tahun ini adalah “Kreativitas dan Inovasi Pemuda Menuju Masyarakat Indonesia Berdikari”. (UI/IK-SS)

Check Also

Korban kekerasan seksual anak

Pelecehan Siswa TK Mexindo Bogor, KPAI Datangi Sekolah Korban

Edupost.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *