Sabtu , 23 September 2017
Home / Kabar Kampus / Belajar Hijaiyah Interaktif dengan Quranimasi Mahasiswa UII

Belajar Hijaiyah Interaktif dengan Quranimasi Mahasiswa UII

YOGYAKARTA – Banyaknya hiburan dan wahana permainan digital yang ada saat ini, seringkali mengalihkan perhatian dan minat anak-anak untuk mempelajari Al-Qur’an. Masih banyak anak-anak yang belum bisa melafalkan dan membedakan huruf-huruf hijaiyah. Hal itu yang mendorong tim mahasiswa UII menciptakan metode pembelajaran Qur’an interaktif yang dinamai Qur’animasi.

Firman Bhakti Bahari, salah seorang pencetus metode ini menyebutkan, Qur’animasi merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang mengenalkan huruf hijaiyah, huruf sambung, dan metode menghafal surat-surat pendek kepada anak-anak dengan visualisasi dan gabungan animasi yang menyenangkan.

Selain mengenalkan huruf hijaiyah melalui media visual yang dipancarkan dengan proyektor, anak-anak juga diajak menggambar dan menulis huruf tersebut dengan crayon. Penggarapan Qur’animasi sendiri dirampungkan selama sebulan bersama empat mahasiswa lainnya yakni Alvian Imron Rosadi, Kamal Adyasa, Purnama Akbar, dan Irvan Lazuardi.

Mereka berharap, metode belajar yang mereka  ciptakan itu bisa membuat anak-anak lebih mudah memahami dan tidak bosan saat belajar huruf-huruf hijaiyah sehingga timbul perasaan cinta pada Al-Qur’an.

Firman menambahkan, metode Qur’animasi tersebut telah diterapkan di salah satu taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang ada di wilayah Sleman, Yogyakarta. Menurut Firman, respon anak-anak TPA ketika diajarkan dengan metode ini sangat antusias karena melibatkan media visual dan cara-cara yang menarik. (UII/IK-SS)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *