Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Belajar Sains dan Agama sekaligus Berkat Aplikasi Karya UNY

Belajar Sains dan Agama sekaligus Berkat Aplikasi Karya UNY

Edupost.id – Mahasiswa FMIPA UNY menggagas aplikasi Sains Qur’ani untuk siswa SMP/MTs. Aplikasi itu berjudul Integrasi Sains dan Agama melalui Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Autoplay Media Studio Pada Materi “Penciptaan Manusia”. Mereka adalah Herianto prodi Pendidikan IPA, Lailatul Fitriyah prodi Pendidikan Biologi dan Arum Wiranti prodi Kimia.

Pengembangan aplikasi itu dilatarbelakangi oleh permasalahan berupa pendidikan di Indonesia selama ini sangat dipengaruhi oleh sekulerisasi sains barat. Akibatnya banyak generasi muda Indonesia yang hanya cerdas secara intelektual namun secara spiritual justru sangat kurang. Dari sinilah para mahasiswa FMIPA memandang perlu adanya upaya untuk mengintegrasikan antara sains dan agama dalam pembahasan suatu materi pelajaran.

Lailatul menyebutkan, salah satu materi IPA yang dapat diintegrasikan dengan agama yaitu sistem reproduksi manusia yang dapat dikaitkan dengan materi penciptaan manusia pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. “Dalam Al-Qur’an ada dua surat yang menyebutkan secara rinci penciptaan manusia, yaitu dalam surat Al Mu’minun ayat 12-14 dan surat Al Mu’min ayat 67, ” ujarnya.

Arum Wiranti menambahkan bahwa Aplikasi Sains Qur’ani merupakan media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan aplikasi autoplay media studio yang dapat menyatukan berbagai macam jenis file seperti suara, video, teks, gambar, flash, pdf dan word kedalam file presentasi yang dibuat serta dapat dibuat menu panggil untuk tiap halaman.

Harapannya aplikasi ini dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi IPA yang didalamnya juga disisipkan materi tentang agama. Aplikasi Sains Qurani ini berhasil meraih juara III dalam Lomba Karya Tulis Al-Qur’an (LKTA) tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Jama’ah Masjid Manarul ‘Ilmi (JMMI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember. (UNY/IK-SS)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Silvator Alat Pelubang Inovasi Mahasiswa IPB

Edupost.ID- Silvator sebuah alat pelubang tanah bermotor menorehkan prestasi pertamanya dengan terpilih sebagai peringkat pertama diantara 12 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *