Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / BEM KM UNAIR Bentuk Organisasi Disabilitas
universitas-airlangga
Universitas Airlangga (Unair)

BEM KM UNAIR Bentuk Organisasi Disabilitas

Edupost.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM KM UNAIR) membentuk badan otonom persiapan Airlangga Kawan Disabilitas (Akadi). Organisasi yang dinaungi BEM KM UNAIR ini diresmikan oleh Direktur Kemahasiswaan Dr. Hadi Subhan, Kamis (14/9).

“Besar harapan kami (UNAIR) organisasi ini nantinya dapat bergandengan tangan dengan seluruh elemen agar dapat menebar kebermanfaatan bagi semua pihak dan berperan dalam mewujudkan excellence with morality,” tutur Hadi dilansir dari laman resmi UNAIR.

Ketua Divisi Hubungan Luar BEM KM UNAIR yang juga penanggung jawab program Abdul Basit mengatakan, organisasi Akadi digagas oleh sejumlah mahasiswa berkebutuhan khusus. Mereka kemudian berdiskusi dengan pihak rektorat dan dibantu BEM KM UNAIR untuk mendirikan organisasi.

Menurut Abdul, nantinya Akadi akan membantu mahasiswa berkebutuhan khusus dalam hal perkuliahan. Caranya, adalah dengan memberikan pelatihan kepada mahasiswa non disabilitas yang bersedia mendampingi rekan-rekan berkebutuhan khusus saat proses belajar.

“Kurang lebih Akadi, ke depan, secara umum akan memfasilitasi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam hal perkuliahan. Memperkenalkan kepada mahasiswa semuanya bahwa disabilitas perlu kita rangkul karena mereka sangat potensial dan mempunyai semangat serta prestasi yang tak kalah dengan yang lain,” terang Abdul.

Pembentukan Akadi diharapkan dapat menumbuhkan semangat kepada para mahasiswa agar kawan disabilitas tidak merasa sendirian. “Semoga dengan resmi berdirinya Akadi ini dapat mewadahi kawan disabilitas dan juga menebar kebermanfataan untuk kita semua,” imbuhnya.

Alfiyan Andhika Yudhistira, mahasiswa tunanetra S-1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yang hadir dalam acara peresmian Akadi amat berharap agar keberadaan badan otonom baru di bawah BEM KM UNAIR dapat menebar kebermanfaatan untuk mahasiswa disabilitas.

Senada dengan Alfiyan, Ketua BEM KM UNAIR Anang Fajrul berharap agar keberadaan Akadi dapat diberitahukan kepada seluruh mahasiswa UNAIR. “Semoga niat dan kepedulian ini bisa kita sosialisasikan kepada seluruh mahasiswa dan juga dapat mewadahi kebutuhan kawan-kawan disabilitas,” kata Anang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *