Kamis , 19 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / BEM UNJ : Tax Amnesty Diskriminatif Bukan Pengampunan
Bem UNJ tolak Tax amnesty
Bem UNJ tolak Tax amnesty

BEM UNJ : Tax Amnesty Diskriminatif Bukan Pengampunan

Edupost.id- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (BEM UNJ) menilai, program pengampunan pajak (tax amnesty) yang sedang diberlakukan di Indonesia bersifat diskriminatif atau memaksa, dan bukan pengampunan. Karenanya, mereka menolak program ini.

“Kami menilai, UU tax Amnesty melanggar UUD 1945 pasal 23A yang menyatakan pajak bersifat memaksa dan bukan pengampunan, mestinya sesuai dengan pasal 24 yang menyatakan tentang Hak Asasi Manusia,”terang Kepala Departeman Sosial Politik (Sospol) BEM UNJ 2016, Rizky Fajrianto kepada Edupost.id.

Sebelumnya, Pemerintah membuat program Tax Amnesty dengan tujuan untuk perbaikan di aspek perekonomian. Karena itu, tax amnesty harusnya memberi dampak positif bagi masyarakat. Namun, kenyatannya tax amnesty justru menjadi hukuman bagi orang yang taat membayar pajak.

“Orang yang taat membayar pajak tidak ada keringanan bahkan sampai didenda, tetapi di sisi lain, warga yang tidak membayar pajak malah justru diampuni,” tegas Fajri

Penolakan ini adalah salah satu dari tujuh gagasan yang disuarakan BEM UNJ melalui aksi Deklarasi Tujuh Gagasan Aspirasi (TUGAS) Mahasiswa, di Jalan pemuda, Rawa Mangun (Jakarta Timur) beberapa pekan yang lalu. Dalam aksi yang digelarnya, BEM UNJ menyerukan pernyataan sikap secara cerdas kepada masyarakat mengenai Pasal 27 yang menyatakan setiap warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hokum. Disampaikan pula mengenai pasal 28 F, setiap warga negara berhak mendapatkan informasi yang terbuka seluas luasnya. (Inan)

Check Also

Berdampak Positif bagi masyarakat

Tax Amnesty Harusnya Beri Dampak Positif bagi Masyarakat

Edupost.id – Pemerintah membuat program Tax Amnesty dengan tujuan untuk perbaikan di aspek perekonomian. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *