Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Beri Solusi Persoalan Gas di Indonesia, ITS Raih Juara Pertama LKTI 2015

Beri Solusi Persoalan Gas di Indonesia, ITS Raih Juara Pertama LKTI 2015

SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tampil sebagai juara pertama pada Lomba Keilmuan Teknik Industri (LKTI) yang diadakan Universitas Indonesia, belum lama ini.

Tim ITS yang terdiri dari Rino Supriadi Putra, Kelvin Adisetya, Mochammad Nurman Ibnussalam, dan Muhammad Fazlurrahman Arief.

Rino mengungkapkan, dalam kompetisi ini peserta dituntut untuk memahami dan mengaplikasikan keilmuan JTI melalui sebuah studi kasus.

Tahun ini, tema LKTI adalah “Increasing The Competitiveness of Gas-based Industry to Support Energy Security Through Strategic Management”.

“Para peserta lomba ditantang menuliskan ide sesuai tema dengan mengaplikasikan berbagai nilai teknik industri,” ujar Rino.

Sebelumnya empat mahasiswa yang menyebut dirinya Tim Pandai Besi itu harus mengikuti seleksi ketat di kampus hingga dipilih sebagai wakil ITS.

Kelvin Adisetya menuturkan, sejak masa seleksi, dia dan timnya sudah mulai menulis ide unik sesuai tema lomba dalam sebuah karya tulis selama dua bulan. Selain itu, mereka memberikan solusi berkelanjutan guna mengatasi permasalahan gas di Indonesia.

“Dalam kompetisi ini, kami menawarkan solusi alternatif berupa optimasi pipa gas dengan pendekatan JTI,” ucapnya.

Sementara itu, Mochammad Nurman Ibnussalam menyebutkan, sedikitnya ada tiga tahap seleksi dalam kompetisi ini. Pertama, tahap pengetahuan dasar JTI yang dinamai IEQ Test. Tahap kedua adalah Simulation Gaming yaitu menguji simulasi model dan kemampuan menentukan strategi.

Peserta yang lolos ke tahap ketiga adalah lima tim peraih nilai terbaik. Pada tahap terakhir, peserta menganalisa sebuah studi kasus tentang pengelolaan energi di Indonesia dan harus mampu memecahkan permasalahan yang timbul dari kasus tersebut.

“Kami diposisikan sebagai seorang pembuat kebijakan menyoal pengelolaan energi gas yang ada di Indonesia,” tutur Rino.

Pada kesempatan itu, Tim Pandai Besi menawarkan alternatif baru berupa pembangunan pipa gas. Solusi tersebut membuat dewan juri terkesan dan menobatkan mereka sebagai juara pertama. (ITS/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *