Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Berkat Alarm Anti Ngantuk, ITB Juarai Lomba Kementerian Perhubungan

Berkat Alarm Anti Ngantuk, ITB Juarai Lomba Kementerian Perhubungan

BANDUNG – Banyak kasus kecelakaan motor di Indonesia disebabkan karena kelalaian pengendara yang mengantuk. Atas dasar hal tersebut, mahasiswa Teknik Elektro ITS, Faiz Anhar Widodo menciptakan alarm anti mengantuk yang dinamai Joturu. Berkat inovasi ini, Faiz menyabet juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Keselamatan Jalan 2015 yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan Transportasi Darat.

Kompetisi yang dihelat Kementrian Perhubungan Transportasi Darat ini merupakan sebuah ajang tahunan dengan peserta yang berbeda-beda tiap tahunnya. Pada tahun 2013 perlombaan ini dikhususkan untuk guru, tahun 2014 untuk siswa SMA/Sederajat, dan pada tahun 2015 untuk mahasiswa.

Tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “Transportasi, Keselamatan, dan Teknologi”. Lomba yang dimulai sejak Agustus lalu ini diikuti 500 karya dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Joturu berupa alarm atau sistem peringatan bagi pengemudi motor yang mengantuk saat berkendara. Dalam karya tulisnya, Faiz menjelaskan bahwa alarm ini akan dipasang pada motor serta pengemudinya. Alarm ini dilengkapi sensor yang akan berbunyi, mengeluarkan getaran serta tampilan pada monitor yang akan memberitahukan keadaan pengemudi tersebut.

Sensor tersebut akan dipasang di atas telinga pengemudi. Selanjutnya, apabila pengemudi mengantuk sensor yang terpasang akan mendeteksi sehingga alarm akan berbunyi dan bergetar. Sensor yang dipasang pada pengemudi ini merupakan sensor detak jantung dan sensor gyroscope-accelerometer.

Faiz berharap, dengan diterapkannya alat ini, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia dapat berkurang. Ia memiliki keinginan untuk mengembangkan alat ini lebih lanjut serta akan diikutkan pada Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan kemunculan ide-ide kreatif dan inovatif ini, diharapkan dunia transportasi di Indonesia akan semakin  baik di masa yang akan datang. (ITB/IK-SS)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *