Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Berkat Aplikasi Ini, Mahasiswa Baru Jadi Mudah Mengenali Kampusnya

Berkat Aplikasi Ini, Mahasiswa Baru Jadi Mudah Mengenali Kampusnya

SURABAYA – Penemuan pelajar khususnya mahasiswa di bidang teknologi kian inovatif dan mampu menjawab berbagai masalah sehari-hari. Salah satunya ialah inovasi yang diciptakan pemuda lulusan terbaik dari jurusan Teknik Informatika Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Ricki Prakarsa. Ia mengembangkan aplikasi yang membantu mahasiswa baru mengetahui jadwal kuliah, dosen serta, ruang kelas untuk tiap mata kuliah.

Ia memanfaatkan teknologi basis out augmented realty, dengan menambahkan aplikasi tiga dimensi pada dunia nyata sehingga bisa digunakan untuk ponsel android.

Penemuan Ricki ini mempermudah mahasiswa mencari jadwal kuliah dan dosennya. Sebab, ketika aplikasi ini digunakan, tidak hanya memunculkan nama gedung yang sedang dicari, tetapi juga lengkap dengan dosen dan jam mengajarnya. Dengan demikian mahasiswa baru yang belum hapal kampusnya tertolong dengan bantuan teknologi ini.

“Jadi sistem kerjanya itu cukup mengarahkan ponsel android ke arah gedung. Kemudian melalui aplikasi out augmented reality ini maka akan memunculkan semua data lengkap tentang gedung tersebut, mulai dari nama gedung maupun dosennya,” papar Ricki.

Skripsinya yang berjudul “Sistem Informasi Kampus Berbasis Out Augmented Reality” telah mengantarkannya menjadi lulusan terbaik di jurusan kampusnya.

Ia menyebutkan, akan melanjutkan penelitiannya. Terlebih, pihak kampus juga merespon baik hasil penelitiannya. Bahkan rencananya, aplikasi itu akan digunakan oleh kampus yang berada di daerah Semolowaru tersebut.

Ricki menjelaskan, sekilas cara kerja aplikasi buatannya mirip dengan penggunaan video stream. Namun, hasil gambar yang dimunculkan hanya berupa gambar 3D yang mirip dengan realita sesungguhnya.

Penemuan ini cocok untuk diterapkan di kampus untuk mempermudah mahasiswa. ”Aplikasi ini akan terus disempurnakan supaya lebih sempurna dan banyak lagi,” terangnya. (SND/IL-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *