Kamis , 20 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Berkat Eceng Gondok, Mahasiswa ITS Raih Best Paper

Berkat Eceng Gondok, Mahasiswa ITS Raih Best Paper

Edupost.id – Tiga mahasiswa ITS berhasil mengantongi predikat Best Paper dalam Seminar Nasional Pengkajian dan Penerapan Teknologi (SNPPT) berkat paparan mereka tentang enceng gondok. Ketiga mahasiswa itu ialah Muhammad Mualliful Ilmi, Naimatul Khoiroh dan Trisna Bagus Firmansyah.

Dalam papernya, Ilmi dan tim mengangkat penelitian terkait pembuatan suatu absorben dari bahan dasar eceng gondok. Seperti yang kita tahu, eceng gondok yang berlebihan di perairan sangat mengganggu estetika. Selain itu, bisa menimbulkan pendangkalan, juga dapat mematikan organisme di sekitarnya karena menghalangi masuknya sinar matahari dan udara masuk ke perairan.

“Pertama kali kami seleksi paper. Full paper dikumpulkan dan dikaji oleh reviewer, kemudian dipilih 73 paper terbaik,” ungkap Ilmi, ketua tim. Kemudian 73 peserta yang lolos diberi kesempatan untuk mempresentasikan paper-nya di Universitas Mercu Buana.

Ilmi mengungkapkan, aspek yang dinilai bukanlah presentasinya, melainkan kualitas paper. Sehingga juara diumumkan sebelum melakukan presentasi.

Tak hanya itu, kendala mengenai kualitas air di Indonesia juga melatar belakangi pembuatan paper. Banyak sekali jenis zat pengotor air seperti logam berat maupun senyawa pewarna. Tak jarang kita sering kali menjumpai air yang keruh. Air yang keruh tersebut mengandung banyak sekali zat terlarut, zat pewarna dan sebagainya.

Karena banyak hal tersebut, timbul keinginan Ilmi dan tim untuk memanfaatkan eceng gondok dalam upaya menghilangkan zat pengotor air. “Eceng gondok tadi dibuat karbon dan dimasukkan ke dalam cairannya, nanti carirannya diuji,” ungkap Ilmi. (ITS /IK-SS)

Check Also

Mahasiswa ITS Borong Dua Penghargaan di Jerman

Mahasiswa ITS Borong Dua Penghargaan di Jerman

Edupost.id – Lima delegasi ITS berhasil membawa pulang dua penghargaan di ajang internasional, Gottingen Model …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *