Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Berkat Hoax Analyzer, Tim ITB Maju ke Imagine Cup Asia
Berkat Hoax Analyzer, Tim ITB Maju ke Imagine Cup Asia
Berkat Hoax Analyzer, Tim ITB Maju ke Imagine Cup Asia (ITB dok.)

Berkat Hoax Analyzer, Tim ITB Maju ke Imagine Cup Asia

Edupost.id – Tim Cimol ITB berhasil keluar sebagai juara Imagine Cup 2017 tingkat nasional yang diadakan Microsoft. Dengan inovasinya yang dikenal sebagai “Hoax Analyzer”, tim ITB mendapatkan kesempatan untuk maju ke Imagine Cup tingkat regional Asia Tenggara yang akan digelar pada 23 April mendatang.

Tim tersebut terdiri dari Feryandi Nurdiantoro (Teknik Informatika 2013), Tifani Warnita (Teknik Informatika 2013), dan Adinda Budi Kusuma Putra (Sistem dan Teknologi Informasi 2013).

Hoax Analyzer yang dikembangkan Tim Cimol ITB adalah aplikasi berbasis situs yang berfungsi untuk menganalisis kebenaran dari pernyataan atau informasi berdasarkan sumber-sumber fakta yang beredar di internet. Proses pengecekan yang dilakukan oleh Hoax Analyzer menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP), yaitu pengolahan bahasa yang sering digunakan sehari-hari oleh manusia agar dapat dimengerti komputer, dan Machine Learning, yaitu proses pembelajaran komputer dari data. Hasil analisis yang ditampilkan oleh Hoax Analyzer adalah kesimpulan mengenai keabsahan informasi, persentase keyakinan menurut data-data yang tersedia, dan daftar sumber fakta terkait.

Gagasan inovasi ini berawal dari maraknya isu-isu palsu di Indonesia. Tim Cimol melihat bahwa masyarakat Indonesia memerlukan sebuah aplikasi yang dapat menyaring dan menentukan kebenaran dari informasi-informasi yang beredar, sehingga jumlah dan dampak dari informasi hoax yang menyebar dapat diminimalisasi. Perjuangan mereka dimulai dari merancang ulang aplikasi agar bisa menjadi lebih fleksibel, membangunnya dengan kode-kode dan algoritma, pengaturan tampilan, hingga penyelesaian perangkat lunak. (ITB/ IK-SS)

Check Also

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Edupost.id – Mahasiswa ITB, Naomi Febrina Silaban dan Juang Arwafa Cita yang tergabung dalam tim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *