Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Berkat Sorgum, Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Nasional
Berkat Sorgum, Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Nasional
Berkat Sorgum, Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Nasional

Berkat Sorgum, Mahasiswa ITB Juarai Karya Tulis Nasional

Edupost.id – Mahasiswa ITB,  M. Armando Siahaan telah mengukir prestasi dalam kompetisi tingkat nasional. Armando berhasil menjadi juara kedua pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Festival Of Agroindustry (LKTIN FOA) 2017. Tema karya tulis yang diangkat oleh Armando adalah pemanfaatan dan pengolahan biji sorgum sebagai bahan pangan. 

Pemanfaatan sorgum di Indonesia belum dapat dilakukan dengan maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala yang umum ditemui pada pengolahan pascapanen biji sorgum. 

Namun, masalah tersebut sebenarnya dapat diselesaikan dengan pengolahan pascapanen yang baik dan efisien. Berangkat dari masalah inilah, Armando menciptakan sebuah inovasi yang dapat mengolah biji sorgum dengan baik sebelum dapat dijadikan sebagai bahan pangan.

Dalam karyanya, Armando mengusulkan suatu proses pengolahan biji sorgum yang disebut proses kombinasi. Proses kombinasi adalah proses penyosohan (pengupasan dengan mesin penyosoh) yang digabungkan dengan perendaman di dalam natrium karbonat. Proses kombinasi ini dapat menghasilkan sorgum dengan kadar tanin yang aman, yakni di bawah 1%.

Selain itu, sorgum yang diolah dengan proses kombinasi juga sudah terkupas dengan baik karena dalam proses kombinasi dilibatkan proses penyosohan. Proses kombinasi sendiri terbilang lebih ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit total limbah dan biji rusak dibandingkan proses pengolahan sorgum secara konvesional. (ITB/IK-SS)

 

Check Also

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Edupost.id – Mahasiswa ITB, Naomi Febrina Silaban dan Juang Arwafa Cita yang tergabung dalam tim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *