Senin , 25 September 2017
Home / Kabar Kampus / Bersiap Ekspedisi Thailand, Atlet Mapagama Perketat Latihan
Bersiap Ekspedisi Thailand, Atlet Mapagama Perketat Latihan
Bersiap Ekspedisi Thailand, Atlet Mapagama Perketat Latihan (UGM dok.)

Bersiap Ekspedisi Thailand, Atlet Mapagama Perketat Latihan

Edupost.id – Tim atlet mahasiswa pencinta alam UGM (Mapagama) bersiap melakukan ekspedisi “Cave Exploration: Under the Sacred Land” di Thailand pada 29 April mendatang. Tim pun mulai memperketat latihannya dengan menerjunkan tujuh atlet latihan rutin di gua-gua kawasan Karst Santun.

Manajer atlet Mapagama, Naufal Ahmad Dwijadiputra, menyebutkan dalam ekspedisi mendatang ketujuh atlet tersebut digembleng secara rutin agar dapat menaklukan gua-gua di kawasan karst Santun. “Tujuh atlet ini secara rutin melaksanan latihan lapangan mingguan. Kami jadwalkan ada 7 kali try out untuk persiapan ekspedisi gua di Thailand ini,” terangnya.

Sejak Maret lalu, tim Mapagama UGM mulai menjalani kegiatan latihan lapangan di kawasan karst Gunung Sewu, yaitu Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Hingga kini para atlet telah menyelesaikan empat kali latihan lapangan dari tujuh kali latihan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Dengan begitu, masih tersisa tiga kali target latihan yang harus diselesaikan pada bulan ini.

Sebelum melakukan latihan lapangan, Naufal menyebutkan bahwa para atlet telah menjalani karantina. Selain itu, juga diberikan pembekalan materi ruang untuk pendalaman materi yang akan diaplikasikan langsung ketika melaksanakan latihan lapangan. Materi yang diberikan diantaranya analisis risiko banjir, interpretasi peta, dokumentasi gua hingga teknik penelusuran gua.

 

Sebelumnya, Mapagama telah menyelenggarakan kegiatan UGM International Expedition sebanyak 3 kali. Ekspedisi pertama “River of Gold” mengarungi sungai Sun Koshi di Nepal sepanjang 282 km dengan menggunakan perahu kayu (2013). Ekspedisi kedua  “Rock of Pyramid” berupa pemanjatan tebing Pussa Yan setinggi 180 m di China (2013). Selanjutnya, ekspedisi ketiga  “Peak of the Ancestors” berupa pendakian Gunung Stok Kangri (6.153 mdpl) di India (2016).  (UGM/IK-SS)

Check Also

Riset Indonesia Butuh Dukungan Kebijakan dan Anggaran

Penelitian Biologi Mewujudkan Kehidupan yang Lebih Baik

Edupost.id – Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi S. Daryono, M.Agr.Sc., menyampaikan, penelitian biologi memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *