Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Bersiap ke Himalaya, Mahasiswa UGM Panjat 4 Gunung Sekaligus
Bersiap-ke-Himalaya-Mahasiswa-UGM-Panjat-4-Gunung-Sekaligus
Bersiap ke Himalaya, Mahasiswa UGM Panjat 4 Gunung Sekaligus (foto: UGM)

Bersiap ke Himalaya, Mahasiswa UGM Panjat 4 Gunung Sekaligus

Edupost.id – Empat mahasiswa UGM tergabung dalam tim UGM International Expedition III berencana melakukan pendakian ke pegunungan Himalaya di India pada 5-22 Agustus mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan mereka.

Para atlet ini diharuskan mendaki empat gunung sekaligus (Sumbing-Sindoro-Merbabu-Merapi) dalam waktu yang ditentukan. Mereka adalah Dita Novita Sari (Fakultas Psikologi), Eva Lutviatur Rohmah Ningsih (FISIPOL), Ria Verentiuli (Fakultas Ilmu Budaya), dan Chordya Iswanti (Fakultas Pertanian).

Mereka baru saja melewati Try out keduanya pada 27 Mei – 1 Juni 2016 silam. Pada try out tersebut para atlet diharuskan melakukan pendakian empat gunung sekaligus (Sumbing-Sindoro-Merbabu-Merapi) dalam waktu yang sudah ditentukan. Hal itu dilakukan agar mereka bisa mencapai target capaian fisik yang dibutuhkan saat nanti mendaki pegunungan Himalaya.

“Walaupun terdapat target yang tidak mudah untuk dicapai, namun proses ini menyenangkan dan menimbulkan optimisme bagi tim,” terang Verent.

Setiap hari para atlet memerlukan waktu selama delapan jam untuk mencapai puncak dan kembali ke basecamp pendakian. Hal tersebut dilakukan setiap hari dengan gunung dan tantangan yang berbeda. Walaupun pada hari keempat cuaca di sekitar kaki Gunung Merapi sempat tidak mendukung sehingga pendakian dilakukan pada pagi harinya.

“Tentu masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai target yang sudah ditentukan karena yang dihadapi bukanlah medan yang biasa orang tropis hadapi,” imbuh Chordya.

Adapun Gunung Stok Kangri masuk kedalam kompleks pegunungan Himalaya. Puncak Gunung Stok Kangri merupakan salah satu puncak tertinggi dalam gugusan pegunungan Himalaya tersebut. (UGM/ IK-SS)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *