Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Biofotovoltaik, Pembangkit Listrik Buatan Mahasiswa IPB
Biofotovoltaik-Pembangkit-Listrik-Buatan-Mahasiswa-IPB
Biofotovoltaik Buatan Mahasiswa IPB. (Foto: ipb)

Biofotovoltaik, Pembangkit Listrik Buatan Mahasiswa IPB

Edupost.id – Mahasiswa Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (FMIPA-IPB) mengembangkan biofotovoltaik, pembangkit listrik berbasis fotosintesis biofilm alga (ganggang). mereka yaitu Nurlia Eka Damayanti, Hallimah Sa’diyah, Siti Sarah Yulianti, Abdurrahman Taufik dan Yurid Kushendarsyah Hallimah.

“Tim membuat sumber energi listrik alternatif dengan memanfaatkan fotosintesis alga Chlorella sp dengan menerapkan teknologi biofotovoltaik,” tulis Humas IPB dalam siaran pers.

 

Teknologi biofotovoltaik, lanjutnya, diharapkan dapat memberikan manfaat pengembangan pengetahuan mengenai solar celldengan menggunakan alga sebagai bahan utamanya. Pembuatan biofotovoltaik ini  diikutsertakan dalam ajang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2016 dengan dosen pembimbing Dr. Akhiruddin Maddu, M.Si.

Sementara itu, Halimah mengungkapkan ide muncul saat ia melihat potensi energi surya di Indonesia yang besar. Konsep biofotovoltaik yakni transfer elektron hasil fotosintesis alga setelah menerima paparan cahaya matahari, lalu ditampung dan dimanfaatkan menjadi listrik. Alga dipilih karena tumbuh cepat dan tidak memerlukan tempat luas untuk produksinya. Selain itu, selama ini alga hanya dimanfaatkan sebagai pakan larva ikan.

“Indonesia berada dalam wilayah khatulistiwa, sehingga hampir sepanjang tahun matahari bersinar,” ujar Halimah.

Halimah  menambahkan, pembuatan perangkat biofotovoltaik berbasis fotosintesis biofilm alga ini tidak sulit. Alga hijau berada diantara dua elektroda yaitu kaca ITO berlapis Cadmium Sulfida (CdS) dan tembaga dan diletakkan secara terpisah dalam sebuah wadah. Hal ini memudahkan masyarakat dalam memperoleh energi surya dengan harga terjangkau. (IPB/Nisa)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *