Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Cegah Gigitan Nyamuk dengan Onyap Temuan UNY
Cegah Gigitan Nyamuk dengan Onyap Temuan UNY
Cegah Gigitan Nyamuk dengan Onyap Temuan UNY (foto: UNY)

Cegah Gigitan Nyamuk dengan Onyap Temuan UNY

Edupost.id – Penggunaan obat nyamuk elektrik sangat digemari masyarakat karena praktis, namun obat nyamuk elektrik yang ada saat ini masih menggunakan listrik langsung dari PLN atau baterai yang dapat habis dan harus selalu diperbarui. Hal itu yang melatarbelakangi mahasiswa UNY menciptakan Onyap (Obat Nyamuk Portabel) berbasis panel surya.

Tim mahasiswa UNY itu terdiri dari Rismoyo, Atika Widyastutie, Wahyu Putra,  Amir Mu’amar dan Singgih Bekti. Menurut Rismoyo, obat nyamuk portabel ini menggunakan mini solar cell yang terhubung langsung dengan baterai lithium-ion dan kemudian disalurkan ke pemanas.

“Mini solar cell adalah perangkat yang digunakan untuk menyerap sinar matahari kemudian diubah dalam bentuk energi listrik,” ujarnya.

Wahyu Putra menjelaskan proses pembuatan Onyap ini. Bahan yang digunakan diantaranya mini solar cell, baterai lithium-ion, pemanas, saklar dan lampu LED. “Tahapan awal yang dilakukan adalah perancangan desain alat, kemudian membuat rancangan bentuk fisik” ungkap Wahyu.

Onyap dirancang berbentuk box atau kotak untuk menampung dan mewadahi seluruh komponen utama berupa mini solar cell, baterai lithium-ion dan pemanas. Ketika mini solar cell terkenar sinar matahari maka mini solar cell akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang didapat harus disimpan agar dapat digunakan sesuai keinginan pengguna. Untuk  menyimpan energi listrik dari mini solar cell, maka Onyap dilengkapi dengan batterai lithium-ion.

”Onyap sangat mudah digunakan dan menggunakan energi terbarukan yang dapat bertahan lama dan tidak akan habis sehingga dapat membantu pemerintah dalam program penghematan energi di Indonesia” jelas Amir. (UNY/Ayna)

Check Also

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Bimbingan Belajar Cariles

Edupost.ID- Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *