Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Cegah Pemadaman Listrik, Mahasiswa UGM Kembangkan Arrester
mahasiswa-ugm-kembangkan-arrester-untuk-petir-gelombang-cepat
Mahasiswa UGM kembangkan arrester untuk cegah pemadaman listrik (foto: UGM)

Cegah Pemadaman Listrik, Mahasiswa UGM Kembangkan Arrester

Edupost.id – Empat mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan arrester untuk mencegah pemadaman listrik karena adanya sambaran petir. Arester merupakan salah satu alat dalam sistem tenaga listrik yang digunakan untuk melindungi aliran listrik dari sambaran petir.

Keempat mahasiswa itu yakni Muhammad Faiz Zifa, Rizal Bagja Wiguna, Wahyu Apriliyanto, dan Wisnu Pamungkas. Ide penelitiannya berawal dari adanya fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan intensitas petir tertinggi di dunia. Faiz menjelaskan, gangguan yang paling dominan dalam sistem tenaga listrik di Indonesia ialah sambaran petir. Karena sambaran petir pada sistem tenaga listrik dapat merusak peralatan dan mengakibatkan pemadaman listrik secara luas.

Faiz menyampaikan bahwa kecepatan sambaran petir tidak dapat diprediksi, sehingga dimungkinkan adanya sambaran petir yang sangat cepat. Arrester ZnO digunakan sebagai sistem proteksi dari petir pada saluran dan berperan sebagai peralatan pelindung utama.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa apabila terkena sambaran petir, arrester akan bekerja dengan memotong nilai tegangan sambaran petir saat nilai tegangan batas toleransi arrester tersebut terlampaui dan mengalirkan tegangan lebihnya ke tanah.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat terkait pengembangan komponen arrester agar dapat bertahan pada berbagai variasi kecepatan sambaran petir. Arrester merupakan komponen yang penting dalam melindungi sistem tenaga listrik dari sambaran petir, terutama pada saluran udara tegangan menengah yang menggunakan arrester 20kV di Jawa, Madura, dan Bali (JAMALI). Dengan demikian, nantinya tidak mudah terjadi pemadaman listrik akibat sambaran petir. (UGM/ IK-SS)

Check Also

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

Edupost.ID – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan UGM siap melakukan lompatan besar menyongsong kejayaan Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *