Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Cegah Peredaran Narkoba, Mahasiswa Baru IAIN Jember Wajib Tes Urine

Cegah Peredaran Narkoba, Mahasiswa Baru IAIN Jember Wajib Tes Urine

JEMBER- Calon mahasiswa baru di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur mulai tahun ajaran 2015/2016 diwajibkan untuk melampirkan hasil tes narkoba sebagai salah satu syarat diterima sebagai mahasiswa di kampus tersebut.

Rektor IAIN Jember, Babun Suharto menerangkan, pihaknya akan menerapkan aturan tes urine bagi mahasiswa baru sebagai upaya mencegah peredaran narkoba di lingkungan kampus.

“Para mahasiswa harus menjalani tes urine dan wajib lolos tes narkoba karena hal tersebut sebagai bentuk komitmen kampus IAIN Jember memerangi peredaran narkoba,” ujarnya, dilansir antara.

Babun menilai, kebijakan tersebut bertujuan untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari narkoba karena selama ini mahasiswa menjadi salah satu sasaran peredaran narkoba.

“Kebijakan itu baru diterapkan tahun ini dan hal tersebut sebagai benteng untuk mencegah peredaran narkoba di dalam kampus,” tegasnya.

Jika hasil tes urine menunjukkan calon mahasiswa baru tersebut mengonsumsi narkoba, lanjut babun, maka pihak IAIN Jember akan melakukan diskualifikasi terhadap calon mahasiswa yang bersangkutan.

“Mereka akan didiskualifikasi, meskipun secara administrasi dan hasil ujian masuk kampus telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa IAIN Jember,” tandasnya.

Babun menuturkan, kebijakan tersebut menjadi langkah awal menghambat peredaran narkoba di kalangan mahasiswa.

“Peredaran narkoba sudah mulai menjalar di lembaga pendidikan dengan sasaran utamanya adalah mahasiswa dan pelajar sebagai pangsa utama peredaran barang haram tersebut,” paparnya. (IK/SS)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *