Jumat , 22 September 2017
Home / Kabar Kampus / Cegah Terorisme, UNJ Tanamkan Pendidikan Karakter

Cegah Terorisme, UNJ Tanamkan Pendidikan Karakter

Edupost.id, Jakarta – Serangan bom yang terjadi di Sarinah, Jakarta beberapa waktu lalu dinilai masyarakat sebagai aksi terorisme dan radikalisme yang tidak seharusnya terjadi. Untuk menangkal penyebaran tindak terorisme dan radikalisme dalam civitas akademika, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menanamkan pendidikan karakter kepada mahasiswanya.

Saat ditemui di UNJ, Asep selaku Kepala Humas mengatakan bahwa UNJ sudah bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun lalu. Hal itu untuk mencegah adanya bentuk terorisme yang yang terjadi di dalam kampus.

“Kami sudah melakukan kerja sama dengan BNPT. Bentuknya berupa penanaman pendidikan karakter pada siswa,” katanya kepada Edupost.ID. Kerjasama dilakukan agar mahasiswa paham dan tidak mudah didoktrin pemahaman yang sesat.

Tahun ini, mahasiswa baru akan dibekali pendidikan karakter seperti bela negara, cinta tanah air, dan sebagainya. “UNJ memilih Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Sosial sebagai contoh. Bila berhasil dan disepakati, akan diberlakukan pada semua fakultas,” terangnya. Dalam hal ini, UNJ mengajak Mabes TNI untuk membantu memberi pelatihan.

Selain itu, lanjut Asep, UNJ juga memberi pemahaman pada mahasiswa melalui mata kuliah yang dipelajari, seperti dalam mata kuliah agama, diberikan pengertian mengenai jihad yang benar dalam syariat seperti apa. Ia menambahkan, adanya pembinaan dari masing-masing fakultas di bidang kemahasiswaan juga menjadi prioritas kampus.

Hal serupa juga dikatakan oleh Mirdas, mahasiswa Psikologi dan juga sebagai Duta UNJ. Ia mengatakan bahwa teror yang terjadi seperti di Sarinah, hanya ingin membuat nama baik suatu agama menjadi buruk. Adanya keirian hati suatu kaum pada kaum lainnya membuat hal itu bisa terjadi. Jadi, masyarakat dan khususnya mahasiswa bisa selalu waspada terhadap gerakan mereka. (Reza)

Check Also

Bandung-Masagi-Pendidikan-Karakter-Terbaru-di-Sekolah

Bandung Masagi, Pendidikan Karakter Terbaru di Sekolah

Edupost.id – Bandung Masagi merupakan model pendidikan karakter terbaru di sekolah yang dirumuskan Dinas Pendidikan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *