Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Celana Dalam Ramah Lingkungan Inovasi IPB
Celana-Dalam-Ramah-Lingkungan-Inovasi-Mahasiswa-IPB
Celana dalam ramah lingkungan inovasi IPB (foto: IPB)

Celana Dalam Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Selama ini kaum wanita yang sedang mengalami menstruasi, cendrung menggunakan pembalut sekali pakai. Padahal sampah pembalut termasuk yang sulit terurai. Hal itu mendorong empat mahasiswa Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan celana dalam khusus wanita yang ramah lingkungan.

Mereka adalah Anita Indriani, Ajeng Tri Octavia, Endang Fitri H, Zahiroh Maulida dan Laela Wulandari. “Kami membuat celana anti pembalut. Celana ini didesain mudah menyerap dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya,” terang Zahiroh.

Zahiroh menyebutkan, celana ini dapat dipakai sehari-hari seperti halnya celana dalam biasa dan saad sedang menstruasi. Celana ini juga dapat dicuci dan dipakai kembali. “Dengan memakai celana ini, pemakaian pembalut kian berkurang, limbah pun berkurang sehingga tidak merusak lingkungan. Limbah pembalut sekali pakai terbuat dari plastik sehingga sulit terdegradasi,” ungkapnya.

Selain itu, tak perlu kuatir karena celana ini berbeda dengan celana umumnya. Karya mahasiswa IPB ini akan tetap kering dan nyaman dipakai saat menstruasi. Cairan terserap ke dalam lapisan pertama celana. Lapisan pertama berbahan kain microfleece yang bersifat lembut dan mudah menyerap cairan. Lalu cairan darah yang terserap masuk ke dalam lapisan kedua.

Lapisan kedua berbahan kain microfiber yang dapat menampung cairan. Selanjutnya cairan yang tertampung dalam kain microfiber tertahan lapisan ketiga yaitu kain waterproof breathable (polyurethane laminated), dimana cairan tidak akan keluar atau tembus dari celana.

Sementara lapisan terakhir yang menyentuh permukaan kulit berbahan kain cotton bambu yang bersifat halus, aman dan nyaman dipakai. Kandungan serat bambunya mampu menyerap bau dan bersifat antibakteri. (IK-SS)

Check Also

Mahasiswa IPB Ciptakan Eco Selebgram untuk Generasi Millenial

Edupost.id – Yazidah Nur Rahmah, mahasiswa Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *