Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Cetak Lulusan Bermutu, Unwar Tingkatkan Pendidikan Berbasis Digital

Cetak Lulusan Bermutu, Unwar Tingkatkan Pendidikan Berbasis Digital

DENPASAR- Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar, Bali akan terus meningkatkan kualitas pengajaran berbasis Sistem Informasi dan Teknologi (SIN T) digital sebagai upaya menghasilkan lulusan yang bermutu. Hal tersebut disampaikan Rektor baru Unwar Denpasar, Prof dr Dewa Putu Widjana.

“Unwar sudah menerapkan SIN T berbasis digital dan menargetkan dalam enam bulan ke depan dapat diterapkan secara keseluruhan di semua program studi (prodi),” ujarnya saat pelantikan dirinya sebagai Rektor baru Unwar periode 2015 hingga 2019, dilansir okezone.

Dewa Putu yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unwar ini menilai, kurikulum yang diterapkan Unwar ke depannya tetap berbasis kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) demi mencapai mutu pendidikan berstandar nasional.

Ia menyampaikan, pada 2034 Unwar harus maju secara global agar dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) institusi dan pembangunan mental sebagai landasan mencapai klasifikasi internasional.

Dewa Putu  bertekad, terus mengupayakan agar mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi secara bebas dan lebih intensif sehingga terjadi transfer pendidikan dan pengalaman yang positif dalam proses perkuliahan.

“Permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah kurangnya interaksi antara mahasiswa dengan dosen, sehingga tingkat pemahaman dan pendalaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan kurang memadai,” terangnya.

Menurutnya, bila mahasiswa dan dosen kurang berinteraksi, secara otomatis tidak memungkinkan ilmu itu dapat ditransfer.

Karena itu, kegiatan seminar setiap Sabtu antara dosen dan mahasiswa akan terus digalakkan. Selain itu, demi mencapai pendidikan bertaraf internasional maka kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa dan dosen di kampus tersebut akan terus ditingkatkan.

“Dosen dan mahasiswa perlu serius meningkatkan rutinitas berbahasa Inggris saat mengajar, sehingga bisa beradaptasi dengan masyarakat internasional yang makin kompetitif untuk merebut segala peluang yang ada,” tandasnya. (RR/IK)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *