Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat
CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat
CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat

CFC UIN Suka, Ajang Promosi Prodi Kimia ke Masyarakat

Edupost. id – Ajang Chemistry Festival & Competition (CFC) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Kimia UIN Sunan Kalijaga. Ajang tahunan ini diharapkan dapat memperkenalkan prodi kimia UIN Suka kepada masyarakat umum. Rangkaian acara ini telah dibuka secara resmi pada 30 September dan akan ditutup pada 29 Oktober, berbarengan dengan acara Dies Natalis Kimia UIN Suka ke 13.

Ketua Hima Kimia UIN Sunan Kalijaga, Dienda Lora Buana mengatakan selama ini, prodi sains di UIN Suka seperti kimia masih kurang terkenal dibanding prodi-prodi keagamaan. Pada gelaran tahun ini, menurut Dienda, CFC juga menampilkan beragam kegiatan, seperti Olimpiade Kimia SMA, Futsal, Donor Darah, dan Expo.

Pada Olimpiade Kimia,menurut Dienda, sebanyak 10 tim pelajar SMA se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan bersaing dalam babak semi finalpada Sabtu (7/10). 10 tim ini merupakan hasil seleksi di babak penyisihan yang diadakan di dua regional.

Baca juga: UIN Suka Bersiap Menuju Kampus Kelas Dunia

Dienda menambahkan, babak penyisihan olimpiade ini digelar di dua regional, yakni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peserta teebaik hasil seleksi di babak penyisihan akan diundang mengikuti babak semi final dan final di UIN Sunan Kalijaga pada Sabtu (7/10).

“Babak penyisihan diadakan di Unsoed Purwokerto dan UIN Sunan Kalijaga. Ada 10 tim yang lolos ke babak semi final,” ujar Dienda ketika dijumpai di kampusnya, Jumat (6/10).

Para peserta olimpiade ini akan memperebutkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Juara pertama akan mendapat Tropi Bergilir Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia sebagai juara pertama, dan Tropi Tetap Gubernur DIY. Sedangkan juara ke dua akan mendapatkan Tropi Tetap Walikota Yogyakarta, dan juara ke tiga mendapat Tropi Tetap Rektor UIN Sunan Kalijaga.

“Melalui olimpiade ini, kami ingin memperkenalkan Prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga kepada siswa SMA/sederajad khususnya di Jateng dan DIY,” imbuh Dienda. (Andi)

Check Also

Bantu Difabel, Mahasiswa UIN Suka Ciptakan Alat Peraga Fisika

Bantu Difabel, Mahasiswa UIN Suka Ciptakan Alat Peraga Fisika

Edupost.id – Memahami materi pelajaran fisika bagi siswa tunanetra memang tidak mudah, karena fisika memang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *