Sabtu , 25 Februari 2017
Home / Kabar Kampus / Daun Sukun dapat Atasi Penyakit Ginjal dan Jantung
Daun Sukun Bisa Atasi Penyakit Ginjal dan Jantung
Daun Sukun Bisa Atasi Penyakit Ginjal dan Jantung

Daun Sukun dapat Atasi Penyakit Ginjal dan Jantung

Edupost.ID- Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Suhartono dan Retno Wulandari, mengembangkan obat herbal berupa teh dari daun sukun, yang mampu membantu menyembuhkan sakit ginjal dan jantung.

Dua mahasiswa ini mengembangkan dan memproduksi teh herbal daun sukun di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. ”Dalam uji laboratorium dan penelitian, daun sukun mengandung berbagai unsur kimia alami yang dibutuhkan tubuh manusia, salah satunya kandungan flavonoid dan sitosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskular serta bermanfaat bagi penyembuhan penyakit ginjal,” kata Suhartono.

Pengolahan teh herbal daun sukun telah menjadi industri rumah tangga degan kapasitas produksi mencapai 25-30 dus per hari. Bagi sebagian besar orang, daun sukun memang tidak memiliki nilai dan manfaat, namun ditangan kedua mahasiswa UGM ini daun sukun kering lebih mudah didistribusikan pada konsumen.

“Daun-daun yang sudah setengah tua dipetik langsung dari pohon dan kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu, daun sukun dipotong kecil-kecil dan dijemur hingga mengering agar mudah dihaluskan. Langkah terakhir dikemas dalam bentuk teh celup,” jelas Suhartono.

Teh celup daun sukun Laasyaka ini telah dipasarkan hampir seluruh pulau di Indonesia, karena harganya yang terjangkau dan berkhasiat baik bagi tubuh. (Inan)

Check Also

UGM kampanyekan perlucutan senjata nuklir

UGM Kampanyekan Perlucutan Senjata Nuklir

Edupost.id – Institute of International Studies (IIS) Departemen Hubungan Internasional UGM tengah gencar melakukan kampanye …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *