Senin , 21 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / Di UAD Bercadar Boleh, tapi Harus Dibuka pada saat Tertentu
Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Di UAD Bercadar Boleh, tapi Harus Dibuka pada saat Tertentu

Edupost.id – Ramainya pemberitaan pelarangan memakai cadar di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memancing pernyataan dari kampus lain. Salah satunya Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Rektor UAD, Kasiyarno mengatakan, di kampusnya mahasiswa tidak dilarang bercadar di kampus. Hanya saja mahasiswa yang bercadar harus membuka cadar pada saat tertentu, seperti ketika ujian.

“Tidak ada aturan di UAD terkait dengan kemahasiswaan di kampus, tidak ada yang berbunyi melarang pemakaian cadar,” kata Kasiyarno saat melangsungkan jumpa pers di kantornya, Jumat (9/6).

Saat ujian, kata Kasiyarno, mahasiswa harus melepas cadarnya terlebih dahulu. Ini hanya demi alasan administrasi. Pihak kampus harus memastikan peserta ujian itu sesuai dengan status yang tertera di administrasi, termasuk foto.

Kebijakan ini, lanjut Kasiyarno, hanya untuk mengantisipasi praktik perjokian saat ujian. Oleh karenanya, sebelum mengikuti ujian mahasiswi bercadar harus dicek satu per satu oleh petugas perempuan di sebuah ruangan tertutup yang disediakan kampus.

“Untuk mencegah itu (perjokian) kita harus verifikasi betul antara foto dengan mahasiswi yang ikut. Lha ini kalau pakai cadar kan enggak kelihatan dan foto-foto mahasiswi di UAD ini tidak ada yang memakai cadar, pakai jilbab,” ucapnya.

Kasiyarno menambahkan, pihaknya juga melarang mahasiswinya yang mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah memakai cadar. Aturan tersebut untuk mencegah agar saat mengajar, para mahasiswi tidak terganggu dengan cadarnya.

Menurutnya, menggunakan cadar dapat mengganggu proses mengajar. Berbicara dengan tertutup cadar memungkinkan seseorang tidak dapat mengucapkan kalimat dengan jelas.

“Kalau ngomong kan gak ceto (tidak jelas), itu (bercadar) mengganggu itu,” ungkapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=