Senin , 11 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Dies Natalis ke-51, Civitas Akademika UNY ‘Back To Nature’

Dies Natalis ke-51, Civitas Akademika UNY ‘Back To Nature’

Yogyakarta- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-51 UNY.Tema yang diusung pada Dies Natalis ke-51 kali ini ialah “Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, dan Olahraga untuk Mewujudkan Insan Unggul”.

Alasan tema tersebut diangkat karena mengandung makna bahwa pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga yang dikembangkan UNY ditujukan untuk membangun insan unggul yaitu insan yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia yang mampu berperan dalam memajukan bangsa Indonesia.

Fakultas MIPA yang diamanahi sebagai pelaksana peringatan Dies Natalis ke-51. Pihaknya berusaha menunjukkan warna ke-MIPA-an yaitu mengajak seluruh civitas akademika UNY untuk back to nature, peduli terhadap alam dan memakmurkan kehidupan agartak menambah parah kerusakan alam terutama hutan tropis dan margasatwa.

Ketua panitia dies natalis UNY,Slamet Suyanto mengungkapkan bahwaIndonesia yang menempati urutan kedua setelah Brazil dalam luasan hutan tropis kini menjadi perusak hutan. Hutan tropis yang menjadi paru-paru dunia dikonversi menjadi lahan pertanian, hunian, dan situs ekonomi sehingga menyebabkan global warming yang berdampak sistemik seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, kepunahan biota. “Melalui kegiatan Dies, kami mengajak civitas akademika UNY untuk melestarikan satwa dan menanam pohon,” ujarnya, seperti diberitakan di laman UNY.

Kegiatan dies natalis ini secara resmi dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., yang ditandai dengan pelepasan 51 ekor burung berbagai jenis.Dalam sambutannya, Rektor UNY menyampaikan bahwa dies natalis ini merupakan rasa syukur atas karunia Allah SWT, IKIP Yogyakarta dan UNY tahun ini telah memasuki usia ke-51 dengan tidak mengabaikan local wisdom.

Pada event Dies Natalis UNY ke-51 ini akan diadakan 90 macam kegiatan yang terdiri dari 18 kegiatan akademik/workshop/seminar, 12 kegiatan pameran/seni/hiburan, 19 kegiatan olahraga dan perlombaan, 11 kegiatan bakti sosial, 6 kegiatan Dharma Wanita, 5 kegiatan Ikatan Alumni, dan kegiatan lain di antaranya penghargaan pada guru, kepala sekolah dan tokoh pendidikan. Selain itu, juga dilaksanakan senam massal dilanjutkan dengan pembagian door prize dan pemeriksaan kesehatan oleh UPT Kesehatan UNY.

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *