Senin , 21 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / Dies Natalis UGM Kali Ini Spesial, 4 Institusi Ikut Ramaikan
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dies Natalis UGM Kali Ini Spesial, 4 Institusi Ikut Ramaikan

Edupost.id – Menyukuri Dies Natalis ke-72, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM akan menggelar serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan tersebut, FKKMK UGM berkolaborasi dengan RSUP Dr. Sardjito, RSA UGM, serta RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro.

Ketua panitia Dies Natalis FKKMK, Prof. Budi Yuli Setianto, menyebut, berbagai acara yang akan dilakukan adalah bedah rumah, operasi katarak, pemeriksaan kesehatan mata, serta konsultasi kesehatan dan gizi di Kabupaten Kulon Progo.

“Dies Natalis kali ini sedikit spesial karena melibatkan 4 institusi. Dalam rangkaian kegiatannya ada sekitar 12 acara inti yang merupakan kolaborasi dari empat institusi tersebut selain juga didukung oleh KAGAMADOK,” ujar Budi.

Ditambahkan, kegiatan bedah rumah untuk enam unit rumah warga akan diadakan di Kecamatan Sentolo dan Nanggulan Kulon Progo pada hari Minggu (4/3) mendatang. Sementara, di hari yang sama juga digelar pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan yang akan digelar di RSUD Nyi Ageng Serang Kulon Progo.

Pengabdian masyarakat yang dimaksud adalah operasi katarak dengan peserta 50 pasien, deteksi retinopati diabetika dan konsultasi kesehatan dan gizi diabetisi untuk 50 pasien diabetisi, pemeriksaan kelainan mata dan konsultasi kesehatan dan gizi anak untuk 200 siswa SD, serta deteksi glaukoma mata dan konsultasi kesehatan dan gizi lansia untuk 100 pasien geriatri.

Wakil Dekan FKKMK Bidang Kerja Sama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat, dr. Mei Neni Sitaresmi menambahkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sesuai dengan misi FKKMK yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara memandirikan masyarakat dalam bidang kesehatan. Karena itu, kata Neni, dalam setiap kegiatan pihaknya selalu mendorong masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan terlibat dalam membangun kesejahteraan mereka sendiri.

“Prinsip pengabdian kita adalah kolaborasi dengan masyarakat. Kita memberikan stimulan, tapi masyarakat bersama-sama mengembangkan,” imbuh Neni.

Dari berbagai rangkaian kegiatan Dies Natalis FKKMK, beberapa kegiatan telah dilaksanakan terlebih dahulu. Di antaranya kegiatan bakti sosial desa batik sehat serta peluncuran video dan buku edukasi kader UKK di lingkungan industri batik Kulon Progo sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018.

Selain itu juga tirakatan di RSA UGM pada 4 Februari silam. Tak ketinggalan, dilakukan pemeriksaan lansia di Kalibawang Kulon Progo pada 18 Februari 2018.

Dalam waktu mendatang, agenda bersama Dies Natalis masih akan dilanjutkan dengan temu alumni pada tanggal 4 Maret serta seminar pencegahan kekerasan di kalangan remaja pada 14 Maret. (Andi)

Check Also

8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini

UGM Terima 2.141 Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM, Djagal Wiseso Marseno mengatakan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=