Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Diskusi Forsebi UIN Suka, Indonesia Jadi Pusat Keuangan Syariah Dunia
Forsebi UIN Suka Gelar Diskusi
Forsebi UIN Suka Gelar Diskusi Keuangan Syariah (foto: Nurfi Edupost)

Diskusi Forsebi UIN Suka, Indonesia Jadi Pusat Keuangan Syariah Dunia

Edupost.id, Sleman – Dalam Diskusi Bertajuk “Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) sebagai Strategi Indonesia Menuju Pusat Keuangan Syariah Dunia” dibahas salah satu harapan Indonesia. Diskusi yang diadakan oleh Forsebi (Forum studi ekonomi dan bisnis Islam) UIN Sunan Kalijaga ini dihadiri sekitar 500 peserta. Kegiatan diselenggarakan hari ini, (21/5), di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.

“Tujuannya kita tuh pengin kalo kita ngadain seminar nggak cuma materi, tapi ada diskusi. Kalau udah selesai outputnya kita sharing ke publik,” ujar Beben, Ketua Acara diskusi publik.

Ia menjelaskan bahwa acara seminar biasanya hanya pemaparan materi. Tapi di acara ini, semua orang bisa berpendapat atau menyampaikan gagasannya. Peserta adalah akademisi, yaitu pelajar, dosen, dan aktivis organisasi. Harapannya setelah acara ini muncul rumusan strategi agar Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia dan hasilnya dipublikasikan ke website maupun sosial media.

Adapun pembicara di diskusi publik ini berjumlah empat orang. Mereka adalah Fauzi Nugroho Kepala OJK Yogyakarta, Sri Fitriani Kepala Tim Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan BI Yogyakarta, Abdul Qoyum Perwakilan Dewan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Ekonomi Islam, dan Nur Akhmad Ghajali Perwakilan KPW Kementerian Agama DIY.

Pembicara pertama dari OJK. Fauzi Nugroho menjelaskan bahwa peran OJK terkait ekonomi syariah. Dalam program OJK, masyarakat terutama mahasiswa diajak untuk menabung, cinta keuangan syariah, dan berinvestasi. Sehingga mahasiswa tidak hanya mengkonsumsi akan tetapi juga melakukan saving.

Untuk mewujudkan harapan Indonesia, peserta dipaparkan gambaran mengenai keadaan keuangan dunia oleh Sri Fitriani, pembicara kedua. Dari sudut pandang Bank Indonesia, Sri menjelaskan tentang pentingnya menjaga kestabilan keuangan negara dengan bank syariah.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari divisi Research and Discussion Forsebi. Selain itu, terdapat forum diskusi rutin yang diadakan dua minggu sekali. Beben menjelaskan, kadang diskusi dengan pemateri, kadang bekerjasama dengan organisasi lain. Selain itu, ada bedah karya, pelatihan LKTI, dan bisnis club. (Nurfi)

Check Also

UIN-Yogyakarta

Tahun Ini, UIN Suka Sediakan Kuota 3.372 Kursi Maba

Edupost.ID – Pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *