Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Doktor di UI Buat Aplikasi Si Cantik bagi Bumil
UI- Masuk-Peringkat-Kampus-Terbaik-di-Asia
Universitas Indonesia (UI)

Doktor di UI Buat Aplikasi Si Cantik bagi Bumil

Edupost.id – Anemia pada ibu hamil (bumil) masih sering terjadi di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, salah satu doktor di UI, Rr. Dhian Probhoyekti Dipo,  membuat aplikasi Si Cantik bagi bumil. Melihat permasalahan tersebut, Dhian merasa perlu dilakukannya penguatan fungsi asesmen dengan mengembangkan aplikasi online yang dinamai Si Cantik.

Aplikasi ini telah diterapkan di seluruh Puskesmas di kabupaten Muara Jambi Provinsi Jambi dan Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat,” jelas Kepala Humas dan KIP  UI, Rifelly Dewi Astuti.

Aplikasi tersebut, tambah Rifelly, dipaparkan dalam upacara Promosi Doktor atas nama  dengan judul disertasi “Penguatan Fungsi Asesmen Program Kesehatan: Aplikasi Online Sistem Informasi Si Cantik Program Penanggulangan Anemia pada Ibu Hamil”. Upacara tersebut diselenggarakan pada (30/6) di Ruang Promosi Doktor Gedung G Lt.1 kampus FKM UI Depok.

“Kebijakan pencegahan dan penanggulangan anemia pada Ibu hamil sudah ditetapkan sejak tahun 1992 melalui kegiatan utama pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) selama hamil di Puskesmas dan jaringannya. Cakupan TTD secara nasional telah mencapai 85.1% pada tahun 2015. Namun pencapaian tersebut tidak diikuti dengan penurunan prevalansi anemia pada ibu hamil,” tuturnya.

Melalui hasil penerapan Si Cantik, ungkap Rifelly, dapat teridentifikasi masalah bahwa belum semua ibu hamil mendapat TTD sesuai prosedur, belum semua ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan dan tidak semua ibu dengan usia kehamilan triwulan 1 mendapat pemeriksaan darah Hb.

Sedangkan menurut Dhian, dengan melihat dampak terhadap kualitas dan akurasi informasi, maka aplikasi online Si Cantik berpotensi direplikasi penggunaannya di kabupaten atau kota lain. (UI/Nisa)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

Mahasiswa FMIPA UI Siap Maju ke Mapres Nasional 2017

Edupost.id – Mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Yudhistira Oktaviandie terpilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *