Rabu , 7 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Doktor UI Ciptakan Game Untuk Mengatasi Diare
Doktor UI Ciptakan Permainan Android Untuk Mengatasi Diare
Doktor UI Ciptakan Permainan Android Untuk Mengatasi Diare

Doktor UI Ciptakan Game Untuk Mengatasi Diare

Edupost.id – Arbianingsih, fokter ke 49 dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia FIK UI menciptakan game edukasi yang diberi nama “Arbicare” untuk meningkatkan perilaku sehat cegah diare pada anak usia prasekolah.
Penemuan Arbi ini di presentasikan dalam disertasinya yang berjudul “Pengembangan Media Ibtervensi Keperawatan: Aplikasi Permainan Bebasis Android Cegah Diare (Arbicare) dan Efektifitasnya dalam Meningkatkan Perilaku Sehat Anak Prasekolah” pada Rabu (30/11/2016) di Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI, Depok.
Android Cegah Diare (Arbicare merupakan permainan android dengan genre Role Play Game (RPG), yang terdiri atas tokoh utama berupa anak usia prasekolah, tokoh utama ini akan melakukan berbagai aktifitas pencegahan diare seperti cuci tangan, atau praktik makan yang bersih dan bergizi seimbang melalui kombinasi video.
Tokoh peraga ini mengajarkan anak tentang pentingnnya hidup sehat dan langkah-langkah mencapai hisup sehat tanpa harus mengajari langsung.
Arbi tertarik untuk mengambil topik tersebut karena diare merupakan penyebab kematian terbanyak kedua pada balita di negara-negara berkembang. Hal ini terjadi karena kesadaran perilaku hidup sehat yang masih kurang di masyarakat negara-negara berkembang, menurut Arbi untuk mengatasi hal ini diperlukan inovasi untuk memberikan edukasi perilaku hidup sehat, terutama bagi anak prasekolah . (UI/Inan)

Check Also

Mahasiswa IPB Kembangkan Pertanian di Kampung Halaman

Mahasiswa IPB Kembangkan Pertanian di Kampung Halaman

Edupost.id- Alumni Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB), Rizal Fahreza …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *