Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Dosen ITB Meneliti Efek Warna Biru terhadap Perilaku Mengemudi

Dosen ITB Meneliti Efek Warna Biru terhadap Perilaku Mengemudi

BANDUNG – Penelitian tentang efek warna terhadap emosi dan perilaku manusia, telah banyak dilakukan. Namun, di Indonesia penelitian mengenai penggunaan cahaya biru terhadap perubahan perilaku masih sedikit. Karena itu, Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), Lulu Lusianti Fitri terdorong untuk meneliti efek cahaya biru terhadap perilaku saat mengemudi.

Penelitiannya berjudul “Evaluasi Tingkat Kewaspadaan dan Waktu Reaksi Pengemudian Mobil Malam Hari Terhadap Paparan Cahaya Biru berdasarkan Respons Gelombang Otak”. Penelitian tersebut menguji penggunaan cahaya biru dengan objek pengemudi di Indonesia. Pengujian yang dilakukan adalah melihat refleks yang dilakukan selama mengemudi.

Untuk meneliti manusia yang hidup, dapat dilakukan pengukuran kinerja fisiologis dari luar. Salah satu kinerja fisiologis yang dapat ditangkap dari luar adalah gelombang otak. Informasi yang didapat dari gelombang otak adalah pengetahuan proses stimulus yang ditangkap oleh otak maupun tubuh melalui semua indra yang kemudian dimanifestasikan melalui perilaku.

Untuk mengambil informasi gelombang otak ini dilakukan pencitraan otak (brain imaging). Salah satu teknik pencitraan otak yang digunakan oleh Lulu adalah elektroensefalografi (EEG).

“Hasil penelitian memang sudah bisa menunjukkan bahwa hasil lampu biru untuk pengemudian itu meningkatkan kewaspadaan untuk si pengemudinya sendiri,” ujar dosen yang juga menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB) Bidang Pengembangan Karakter ini.

Namun, hasil penelitiannya hanya menunjukkan peningkatan kewaspadaan terbatas di delapan menit pertama saja sehingga untuk kedepannya perlu dikaji lebih lanjut untuk penyesuaian penggunaan cahaya biru agar kewaspadaan dapat meningkat secara kontinu. Penelitian ini juga masih perlu dilanjutkan untuk melihat refleks pengemudi. (ITB/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *