Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Dosen ITS Dianugerahi Early Chemist Award di Hawai

Dosen ITS Dianugerahi Early Chemist Award di Hawai

SURABAYA – Dosen Jurusan Kimia ITS, Sri Fatmawati dianugerahi Early Chemist Award dalam ajang The International Chemical Congress of Pacific Basin Societies 2015 di Honolulu, Hawaii beberapa waktu lalu. Gelar ini diperoleh atas pengabdiannya dalam penelitian di bidang Kimia Organik Bahan Alam.

Penghargaan ini diberikan dalam kongres kimia lima tahunan terbesar yang dihelat sejak 1984. Selain Sri, ada 40 peneliti lainnya yang memiliki rekam jejak dan publikasi terbanyak.

Menurut keterangan dari laman ITS, terdapat sekitar 8.000 makalah dari 71 negara se-Asia Pasifik yang terdaftar dalam kongres Kimia Pasifik Basin tahun ini. Selain Sri, ada lima peneliti Indonesia lainnya yang dianugerahi penghargaan serupa.

Dalam acara kongres itu, Fatma menyampaikan makalah mengenai penggunaan ekstrak bahan alam dari berbagai tumbuhan sebagai bahan obat diabetes.Fatma telah menyeleksi berbagai tanaman yang berpotensi sebagai obat diabetes di Indonesia. Ia mengaku, penelitian yang dilakukannya merupakan riset dasar, sehingga hasilnya masih perlu diteliti lebih lanjut sebelum dijadikan obat dan diproduksi secara massal.

Ia mengaku senang bisa berpartisipasi dalam kongres kimia terbesar itu. Selain karena biaya akomodasi yang sudah disediakan, Fatma bisa berjumpa dengan para penerbit jurnal seperti Elsevier, para editor jurnal kimia papan atas, hingga peraih nobel kimia.

Sebelumnya, Fatma pernah meraih penghargaan bergengsi L’Oreal Women in Science 2013. Di tahun 2015 ini pun, ia baru saja menyandang gelar Kartini Award 2015 sebagai The Most Inspriring Woman karena kesuksesan di bidang yang ia tekuni.

Fatma mengaku, termotivasi untuk bisa terus berprestasi karena ia ingin mempunyai jejak sejarah hidup yang baik. Ia mengungkapkan bahwa semua penelitian yang ia lakukan selama ini atas dasar rasa ingin tahu semata, bukan untuk mencari penghargaan. (ITS/IK-SS)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *