Sabtu , 23 September 2017
Home / Kabar Kampus / Dosen SV UGM Raih Penghargaan Bidan Internasional
Dosen SV UGM Raih Penghargaan Bidan Internasional
Dosen SV UGM Raih Penghargaan Bidan Internasional (UGM dok.)

Dosen SV UGM Raih Penghargaan Bidan Internasional

Edupost.id – Dosen Kebidanan Sekolah Vokasi (SV) UGM, Mumtihana Muchlis meraih penghargaan dari International Confederation of Midwives (ICM). Penghargaan itu berkat inovasinya dalam mengembangkan program pengajaran ilmu kebidanan.

Ajang yang berlangsung di Toronto, Kanada pada 18-22 Juni 2017 lalu tersebut merupakan konfederasi bidan internasional yang mengorganisir 131 asosiasi bidan di empat wilayah yaitu Afrika, Amerika, Asia Pasifik, serta Eropa. “Kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 400.000 bidan dari 113 negara di dunia,” tuturnya.

Mumtihana menerangkan, di ajang tersebut dia mengajukan ide dan program dalam bidang pendidikan bertema Development of Integrated Health Post for Adolescent by Empowerment of Collaborative Health Student: A Method of Implementing Inter-professional Education in Communities. Kegiatan itu tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan secara komperehensif dan ramah remaja saja. Namun, juga untuk mendidik mahaisswa lintas profesi kesehatan untuk bekerjasama dalam memecahkan masalah kesehatan.

Selain itu akan dilaksanakan program bulanan untuk penilaian dan konseling kesehatan di sekolah-sekolah yang saat ini tidak memiliki program kesehatan remaja. Program ini akan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang kurang terlayani.

Mumtihana menjelaskan bahwa saat ini program telah berjalan atas inisasi Prodi D IV Kebidanan Sekolah Vokasi UGM. Kedepannya, program ini akan dikembangkan melalui kerjasama lintas fakultas pada kluster kesehatan di UGM dan melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, serta dan BKKBN. (UGM/ IK-SS)

Check Also

Riset Indonesia Butuh Dukungan Kebijakan dan Anggaran

Penelitian Biologi Mewujudkan Kehidupan yang Lebih Baik

Edupost.id – Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi S. Daryono, M.Agr.Sc., menyampaikan, penelitian biologi memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *