Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Dosen UI Dianugerahi Habibie Award atas Inovasinya

Dosen UI Dianugerahi Habibie Award atas Inovasinya

DEPOK – Dosen Universitas Indonesia (UI), Wisnu Jatmiko ,berhasil memperoleh penghargaan anugerah Habibie Award atas penelitiannya yang inovatif di bidang ilmu rekayasa. Dosen Fakultas Ilmu Komputer UI tersebut menerima penghargaan itu di Habibie Center beberapa waktu lalu.

Wisnu meraih penganugerahan itu bersama dua peneliti lainnya, yaitu Nina Helina dari Universitas Padjadjaran dan Abdul Djalil Pirous dari Institut Teknologi Bandung.

Tim Wisnu merancang sebuah sebuah sistem telehealth yang dapat mendeteksi jantung (EKG) dan alat USG. Sistem telehealth ini memudahkan tenaga kesehatan dalam mendiagnosa kesehatan jantung pasien. Data yang terekam melalui alat pendeteksi jantung, yang ia ciptakan dapat langsung dikirimkan ke dokter ahli jantung untuk mendapatkan klarifikasi mengenai hasilnya.

Sedangkan untuk alat USG, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Alat tersebut didesain untuk dapat melihat kondisi janin secara real-time. Kedua alat telehealth ini akan dikombinasikan sehingga dapat diakses secara online.

Tidak hanya dua penemuan itu, inovasi lainnya yang pernah dibuat Wisnu bersama tim diantaranya ialah sebuah sistem lalu lintas terdistribusi. Sistem lampu lalu lintas ini dapat berubah sesuai dengan keadaan lalu lintas di lingkungan tersebut. Selain itu, di dunia robotika, Wisnu juga berhasil membuat sebuah algoritma pencarian sumber gas. Algoritma tersebut diinstalasi pada sekawanan robot yang kemudian dapat membantu manusia dalam mendeteksi area-area sumber gas.

Setiap tahun, Wisnu selalu memperbaharui inovasinya. Ia juga memotivasi para mahasiswa agar terus meneliti dan memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui penelitiannya. (UI/IK-SS)

Check Also

menumbuhkan minat baca pada anak

Ingin Anak Anda Hobi Membaca? Ikuti Langkah Ini

Edupost.id –  Semua orangtua tentu menginginkan hal terbaik untuk masa depan buah hatinya. Memiliki kebiasaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *