Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Dosen UMBY Ubah Ubi Jadi Beras Anti Diabetes

Dosen UMBY Ubah Ubi Jadi Beras Anti Diabetes

Edupost.ID, Bantul – Growol dan oyek, makanan khas Kulon Progo selama ini hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Namun, di tangan Bayu Kanetro makanan tradisional ini disulap menjadi hidangan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Dosen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) itu berhasil mengkreasikan makanan berbahan dasar ubi ini menjadi beras analog atau beras yang dibuat dari bahan baku bukan padi.

Berawal dari melihat kebiasaan masyarakat desa Kalirejo Kulon Progo yang mengkonsumsi growol dan oyek sebagai makanan pengganti beras saat paceklik, Bayu Kanetro dan tim peneliti UMBY memunculkan gagasan membuat makanan alternative berbahan growol dan oyek. Makanan alternatif hasil penelitian ini diberi nama Ras Telo (Beras Telo). Beras ini merupakan analog atau beras yang dibuat dari bahan baku bukan padi.

Penelitian beras telo oleh Bayu Kanetro dan beranggotakan Sri Luwihana, Alimatus Sahrah dan Dwiyati Pujimulyani ini didanai DIKTI melalui Program Penelitian Prioritas Nasional Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (PENPRINAS MP3EI).

“Prosesnya, ubi yang telah direndam selama 5 hari akan ditepungkan dan dicetak menjadi beras,” jelas dosen Teknologi Hasil Pertanian di Kampus 1 UMBY.

Untuk menyakinkan masyarakat tentang kualitas beras ini, tim peneliti telah melakukan uji laboratorium di Laboratorium Kesehatan Yogyakarta. Hasilnya, indeks glisemik dari beras telo ini berkadar lebih rendah dibanding dengan beras biasa, sehingga bermanfaat untuk mencegah diabetes.

Rencananya pada tahun depan akan diadakan pelatihan ke masyarakat desa Kalirejo sehingga dapat diproduksi secara masal. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk sekitar. Beras telo ini juga telah dikembangkan menjadi varian makanan baru sushite (sushi telo) yang disukai masyarakat. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *