Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Dua Mahasiswa ITB Jadi Peserta di IAH Perancis
Institut Teknologi Bandung (ITB) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti
Institut Teknologi Bandung (ITB) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti

Dua Mahasiswa ITB Jadi Peserta di IAH Perancis

Edupost.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali memperoleh prestasi internasional dalam kategori akademik. Pasalnya, dua mahasiswa dari Program Studi Pasca Sarjana Teknik Air Tanah, Wijayanti Ashuri dan Anwar Zulkhoiri, mewakili ITB menjadi peserta di ajang  International Association of Hydrogeologist (IAH). Mereka lolos dalam babak akhir ajang International Hydrogeological Competition 2016 yang diselenggarakan  pada September 2016 mendatang. Kompetisi ini akan diselenggarakan di Montpellier, Perancis.

Terdapat sepuluh peserta yang berasal dari berbagai penjuru dunia dan akan berkompetisi dalam ajang tersebut. Patut dibanggakan, karena hanya tim dari ITB dan China yang berhasil mewakili benua Asia dalam babak akhir tersebut. Sebelumnya, masing-masing tim dari berbagai negara berkompetisi di tingkat nasional, regional dan akhirnya di babak akhir ini.

“Selamat kepada Bapak Lambok Hutasoit (Dosen Teknik Air Tanah ITB) selaku pembimbing dari tim tersebut,” tutur Agus Mochamad Ramdhan (Ketua Program Studi Pasca Sarjana Teknik Air Tanah ITB) dalam siaran pers.

Kondisi hidrogeografi Indonesia yang dikenal sangat spesifik perlu dipelajari dan diteliti lebih mendalam. Selama ini, pemahaman mengenai hidrogeologi terbatas pada air tanah sebagai sumber daya. Padahal, selain sebagai sumber daya yang perlu dikonservasi, air tanah juga dapat berfungsi sebagai kendala teknis yang perlu diperhatikan terutama dalam rekayasa sipil, pertambangan, hidrokarbon, panas bumi, mineral, dan fasilitas bawah tanah.

Berdasarkan pemikiran tersebut, ITB melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian membuka Program Studi Pasca Sarjana Teknik Air Tanah dengan calon pelajar berasal dari Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, Geofisika dan Meteorologi, Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, Geografi Fisik, Teknik Lingkungan dan Fisika Bumi, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan lulusan luar negeri.  (ITB/Nisa)

Check Also

Budayawan Indonesia Menginspirasi Budayawan Selandia Baru

Tim AKSANTARA ITB Dapat 6 Penghargaan KRTI 2016

Edupost.id –  AKSANTARA kembali mengharumkan nama ITB pada KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) 2016 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *