Rabu , 25 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Dua Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang iCubesat 2015

Dua Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang iCubesat 2015

BANDUNG – Dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi delegasi Indonesia di Konferensi Interplanetary Cubesat Workshop (iCubesat) pada akhir Mei lalu (26-27/5) di Kampus Imperial College London, Britania Raya.

Kedua mahasiswa itu ialah Ryan Fadhilah Hadi (Aeronotika Astronotika 2010) dan Emir Mauludi Husni Ph.D (Dosen Teknik Elektro ITB), mereka mempresentasikan risetnya di bidang Cubesat. Ryan menyampaikan kerangka simulasi Cubesat untuk menganalisa kemampuan kendali sikap menggunakan reaction wheel. Alat ini digunakan untuk mendemonstrasikan kendali sikap pada satelit bekerja, untuk menarik minat pelajar dan mahasiswa dalam perkembangan teknologi satelit.

Sedangkan, Emir mempresentasikan risetnya di bidang pemanfaatan konfigurasi redundan sistem operasi linux pada on-board computer untuk Cubesat. Keberangkatan kedua perwakilan tersebut disponsori oleh Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI) yang memiliki ketertarikan untuk mengedepankan kemandirian bangsa dalam penguasaan teknologi antariksa.

Ajang ini dihadiri perwakilan instansi antariksa pemerintah seperti NASA Ames Research Center, perusahaan dan industri teknologi antariksa, serta universitas dan/atau instansi akademik. Dalam Konferensi ini, terdapat 40 riset yang dipaparkan pada kegiatan ini termasuk diantaranya riset dari Indonesia yaitu delegasi ITB.

Konferensi tersebut merupakan kegiatan keempat, sebelumnya telah sukses diselenggarakan di California Institute of Technology dan Massasuchette Instutute of Technology. Kegiatan ini diprakarsai oleh Michael Johnson, seorang praktisi Cubesat dari Imperial College yang juga memiliki proyek bernama Pocket Spacecraft yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Cubesat sendiri merupakan tren perkembangan teknologi antariksa baru dalam bentuk satelit berukuran sangat kecil (nano). Cubesat banyak dikembangkan oleh universitas-universitas unggulan di Amerika dan Eropa, serta telah menjadi bisnis dan industri baru di dunia. (ITB/IK-SS)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *