Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Kuliah di Tohoku University Jepang
Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Kuliah di Tohoku University Jepang
Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Kuliah di Tohoku University Jepang

Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Kuliah di Tohoku University Jepang

Edupost.id – Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran, Dheanara Pinka dan Azhar Isti Hanifah terpilih untuk mengikuti program Junior Year Programme in English (JYPE) di Tohoku University, Jepang. Pinka akan mengikuti program fall semester selama 6 bulan untuk bidang Agriculture, sedangkan Azhar akan mengikuti program fall dan spring semester untuk masa studi 1 tahun untuk bidang Applied Physics.

JYPE merupakan program kelas internasional yang diadakan Tohoku University bekerjasama dengan Japan Student Services Organization (JASSO) untuk mahasiswa tingkat 3. Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa dari luar Jepang untuk mengikuti perkuliahan sekaligus mengikuti individual research training.

“Untuk program fall, luaran program individual research training-nya berupa abstrak penelitian saja. Sedangkan untuk program fall dan spring, luarannya berupa laporan akhir penelitian,” kata Azhar.

Kedua mahasiswa mengambil mata kuliah sebanyak 10 SKS pada program tersebut. Mata kuliah yang diambil disesuaikan dengan mata kuliah yang akan dihadapi di Semester Ganjil TA 2016/2017, baik di prodi Fisika maupun Agribisnis. Nilai dari perkuliahan di Tohoku University bisa ditransfer ke perkuliahan di Unpad.

Sedangkan, untuk program indvidual research training, Azhar berencana melakukan penelitian skripsinya terkait bidang superkonduktor. Bidang ini menjadi fokus kajian Azhar di bidang Fisika Material. Penelitian tersebut akan didampingi oleh satu Professor Advisor dan satu assistant Professor Advisor.

“Kalau saya masih melihat kemungkinan riset yang bisa dilakukan di sana. Setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, sampat saat ini bisa melakukan skripsi di sana,” ujar Pinka.  (Unpad/IK-SS)

Check Also

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi Habibie Award

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi “Habibie Award”

Edupost.id – Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Padjadjaran (UNpad), Prof. Bagir Manan dianugerahi “Habibie Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *